Pengaruh perputaran piutang dan perputaran aktiva tetap terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) studi kasus pada PT.Gas Negara (Persero) Tbk perode 2007-2016

Sariningsih, Santi (2018) Pengaruh perputaran piutang dan perputaran aktiva tetap terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) studi kasus pada PT.Gas Negara (Persero) Tbk perode 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Jakarta Islamic Index (JII) mencatat ada 30 perusahaan yang memenuhi saham sesuai syariah, sebagaimana ketentuan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), PT Gas Negara (Persero)Tbk. Penelitian ini di latar belakangi oleh kinerja perusahaan yang dapat dilihat dari kemampuan manajemen memperoleh laba. Keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya berdasarkan tingkat Net Profit Margin(NPM) yang diperoleh. Ada beberapa faktor yang membuat Net Profit Margin(NPM) menjadi baik salah satunya adalah perputaran piutang dan perputaran aktiva tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh perputaran piutang terhadap Net Profit Margin(NPM) pada PT Gas Negara (Persero)Tbk periode 2007-2016 secara parsial. (2)untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh perputaran aktiva tetap terhadap Net Profit Margin(NPM) PT Gas Negara (Persero)Tbk periode 2007-2016 secara parsial. (3)untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh perputaran piutang dan perputaran aktiva tetap terhadap Net Profit Margin(NPM) PT Gas Negara (Persero)Tbk periode 2007-2016 secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2007-2016. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 16.0 dan Microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa perputaran piutang memberikan kontribusi sebesar 73,44% terhadap Net Profit Margin (NPM), dan berdasarkan uji t perputaran piutang berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM). Dan hasil penelitian secara parsial selanjutnya menunjukan bahwa pengaruh perputaran aktiva tetap memberikan kontribusi sebesar 66,42%. Kemudian hasil penelitian selanjutnya menunjukan secara simultan pengaruh perputaran piutang dan perputaran aktiva tetap terhadap Net Profit Margin (NPM) sebesar 85,56% sedangkan sisanya 14,44% di pengaruhi oleh faktor lain seperti perputaran persediaan, Return on Assets (ROA), perputaran kas, Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS) yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 20,592 dengan tingkat signifikan 0,001. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Perputaran Piutang dan Perputaran Aktiva Tetap terhadap Net Profit Margin(NPM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Piutang; Perputaran Aktiva Tetap; Net Profit Margin(NPM)
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: santi santi santi s
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:19
Last Modified: 20 Aug 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item View Item