Pengaruh kegiatan ceramah keagamaan sebelum pembelajaran terhadap akhlak siswa di sekolah: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung

Burhan, Yosep (2018) Pengaruh kegiatan ceramah keagamaan sebelum pembelajaran terhadap akhlak siswa di sekolah: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan ceramah merupakan rangkaian pembinaan dan ketakwaan dalam pembentukan akhlakul karimah siswa, sehingga pendidik dapat memberdayakan potensi muda yang Islami agar menjadi manusia yang tangguh dan mandiri secara fisik maupun secara mental dan menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai masa depan, maka lembaga pendidikan formal harus mampu menyelenggarakan dan mewadahi pendidikan Islam tersebut guna menciptakan suasana keagamaan dan membentuk akhlak yang mulia, dan salah satunya yaitu melalui kegiatan ceramah untuk menanamkan nilai-nilai islam. yakni bagaimana agar siswa tersebut mempunyai iman dan ketakwaan yang berkualiatas sehingga dapat membentuk akhlak yang mulia seperti yang diterapkan dalam pembelajaran guru PAI di SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Penelitian ini berawal dari fenomena di kelas VIII SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung yaitu adanya perilaku siswa yang sedikit menyimpang dari aturan yang berlaku seperti siswa yang tidak mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru, kurang peduli terhadap teman, tidak permisi ketika lewat, tidak hormat kepada yang lebih tua. Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas kegiatan ceramah sebelum pembelajaran di kelas VIII SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Bagaimana realitas akhlak siswa di kelas VIII SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Bagaimana relitas pengaruh kegiatan ceramah sebelum pembelajaran terhadap akhlak siswa di kelas VIII SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Penelitian ini bertolak pada kajian teoretis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kegiatan ceramah keagamaan terhadap akhlak siswa pada mata pelajaran PAI. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah pengaruh kegiatan ceramah. dengan menggunakan taraf signifikan atau taraf kepercayaan diduga adanya pengaruh antara variabel yang akan diteliti. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Cara pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Penyebaran angket ditujukan kepada 30 siswa sebagai sampel penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pengaruh kegiatan Ceramah Keagamaan Sebelum Pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,35 yang berarti Baik dan Akhlaq siswa di sekolah memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,87 yang berarti Baik. Sedangkan hubungan antara keduanya diperlihatkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,07 yang berarti sangat rendah karena berada pada interval 0,000–0,199. Berdasarkan uji korelasi diketahui thitung sebesar 0,37 dan ttabel sebesar 1,68. Sehingga thitung < ttabel dan hal ini menunjukkan bahwa Ha tidak diterima dan Ho diterima. Kadar pengaruh Kegiatan ceramah keagamaan sebelum pembelajaran yaitu 1%. Sehingga diperkirakan 99% terdapat faktor lain yang mempengaruhi terhadap akhlak siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam
Education > Statistic of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yosep burhan yosep
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:27
Last Modified: 21 Aug 2018 06:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item