Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa Kelas Rendah: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas I MI Nurul Huda Bandung

Purwanti, Sri (2018) Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa Kelas Rendah: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas I MI Nurul Huda Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ditemukan di kelas I MI Nurul Huda Bandung bahwa kemampuan menulis permulaan masih relatif rendah dibuktikan dengan rendahnya nilai rata-rata yang didapat siswa dari KKM yang ditentukan sekolah. Hal ini disebabkan oleh guru cenderung hanya menuliskan kalimat di papan tulis tanpa adanya bimbingan kepada siswa mengenai cara menulis yang baik dan benar dan guru masih menggunakan metode kurang bisa membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan menulis permulaan siswa sebelum menggunakan metode SAS. Selain itu untuk mengetahui proses dan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I MI Nurul Huda Bandung dengan menggunakan metode SAS. Metode SAS ini didasarkan atas asumsi bahwa pengamatan anak mulai dari keseluruhan dan kemudian ke bagian-bagian. Oleh karena itu, anak diajak mengerjakan kode tulisan kalimat pendek yang dianggap sebagai unit bahasa utuh, selanjutnya diajak menganalisis menjadi kata, suku kata, dan huruf, kemudian mensintesakan kembali menjadi kalimat utuh seperti sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus yang meliputi langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Subjek siswa kelas I MI Nurul Huda Bandung yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari laki-laki 16 orang dan perempuan sebanyak 24 orang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil observasi yang dilakukan baik observasi siswa maupun guru mengalami kenaikan disetiap tindakannya. Hal ini terlihat dari nilai observasi siswa siklus I tindakan I sebesar 44,65% atau dalam kategori kurang, siklus I tindakan II sebesar 64,29% atau dalam kategori kurang, siklus II tindakan I 89,29% atau dalam kategori baik sekali, Siklus II tindakan II sebesar 94,63% atau dalam kategori baik sekali. Hasil observasi guru siklus I tindakan I 81,25% atau dalam kategori baik, siklus I tindakan II sebesar 87,5% atau dalam kategori baik sekali, siklus II tindakan I 93,75% atau dalam kategori baik sekali, Siklus II tindakan II sebesar 100% atau dalam kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar aspek menulis permulaan siswa meningkat pada setiap siklus dan tindakannya. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus sebesar 47,08 atau dalam kategori kurang. Siklus I tindakan I sebesar 50,63 atau dalam kategori kurang. siklus I tindakan II sebesar 57,5 atau dalam kategori cukup. siklus II tindakan I sebesar 67,29 atau dalam kategori baik. dan siklus II tindakan II sebesar 75,83 atau dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SAS dapat meningkatkan hasil belajar aspek kemampuan menulis permulaan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis permulaan; metode SAS; siswa kelas rendah;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Purwanti
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:47
Last Modified: 30 Aug 2018 03:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item