Peran kepemimpinan dalam pengelolaan pondok pesantren: studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Mardhiyyatul Islamiyyah Kampung Cibagbagan RT.01/10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Nufus, Sofiyatun (2018) Peran kepemimpinan dalam pengelolaan pondok pesantren: studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Mardhiyyatul Islamiyyah Kampung Cibagbagan RT.01/10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren Al-Mardhiyyatul Islamiyyah merupakan lembaga pendidikan Islam berbasis salafi.Mengajarkan ilmu pengetahuan agama melalui kitab-kitab klasik (kitab kuning).Dibalik perkembangan dan kemajuan suatu lembaga pasti ada sosok seorang pemimpin yang mengendalikan dan menggerakan roda organisasi, sehingga tujuan yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berjalan sesuai rencana. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bentuk kepemimpinan, cara kepemimpinan, dan azas-azas (sumber-sumber) kepemimpinan yang diterapkan dalam pengelolaan pondok pesantren Al-Mardhiyyatul Islamiyyah oleh pimpinannya. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya menggunakan teori kepemimpinan dari M. Karjadi tentang bentuk kepemimpinan, dan cara kepemimpinan, serta azas-azas (sumber-sumber) kepemimpinan yang didalamnya terdapat kepemimpinan secara langsung, kepemimpinan secara tidak langsung, cara kepemimpinan otoriter, cara kepemimpinan kharismatik, sifat-sifat seorang pemimpin, dan tradisi menjadi seorang pemimpin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks jurusan Manajemen Dakwah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan dalam pengelolaan pondok pesantren Al-Mardhiyyatul Islamiyyah adalah kepemimpinan yang dilakukan oleh K.H Asep Andurrahman Hambali dilihat dari bentuk kepemimpinanya menggunakan dua cara yaitu kepemimpinan langsung dan tidak langsung,dimana beliau terjun langsung untuk memantau aktifitas pesantren dan santri dan terkadang memerintahkan ketua santri untuk membantu dalam penyampaian informasi kepada santri yang lain. Sedangkan cara kepemimpinan beliau lebih condong pada cara otoriter dan kharismatik, hal itu dapat dilihat dari cara pengambilan keputusan dan hal-hal yang berhubungan dengan pesantren. Kemudian azas-azas (sumber-sumber) kepemimpinanya terbagi menjadi dua yaitu sifat pemimpin dan tradisi, kedua hal tersebut saling berkaitan sehingga mempengaruhi kepemimpinan dalam pengelolaan pondok kpesantren Al-Mardhiyyatul Islamiyyah.Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan dalam pengelolaan pondok pesantren Al-Mardhiyyatul Islamiyyah cukup besar pengaruhnya.Hal tersebut dapat dilihat dari pengelolaannya yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Pengelolaan; Pondok Pesantren
Subjects: Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: sofiyatun nufus
Date Deposited: 27 Aug 2018 01:44
Last Modified: 27 Aug 2018 01:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item