Pembinaan Anak Jalanan Melalui Lembaga Pendidikan: Penelitian Yayasan Bina Insan Mandiri Sekolah Master Indonesia di Depok Jawa Barat

Nadhiefah, Aan Ainun (2018) Pembinaan Anak Jalanan Melalui Lembaga Pendidikan: Penelitian Yayasan Bina Insan Mandiri Sekolah Master Indonesia di Depok Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pembinaan pada anak jalanan. Anak jalanan anak-anak terlantar tidak jelas orangtuanya, tidak terurus, tidak memiliki biaya untuk pendidikannya. Lembaga pendidikan Master hadir untuk mewadahi anak-anak jalanan agar bisa bersekolah dengan layak namun anak-anak yang diharapkan dapat belajar dengan baik malah kembali hidup di jalanan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan apa yang dilakukan oleh sekolah Master, faktor penghambat dan pendukung pembinaan yang dilakukan oleh sekolah Master serta upaya-upaya pembinaan apa saja yang dilakukan oleh pihak Sekolah Master. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional. Teori menurut Parsons, Struktur Fungsional. Teori ini mengasumsikan bahwa masyarakat adalah sekumpulan sistem-sistem sosial yang satu sama lain saling berhubungan dan ketergantungan. Dalam teori ini, terdapat empat imperatif fungsional yaitu dapat dikenal dengan skema AGIL. Metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini, mencoba atau menganalisis hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang diambil dengan cara observasi langsung, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini yang Pertama, Sekolah Master menggunakan pola pembinaan demokrasi dimana kakak asuh membina adik asuh agar mereka saling asah, asih dan asuh Kedua, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat adalam terjalinnya pembinaan di Sekolah Master. Faktor pendukung tersebut adalah bebasnya biaya pendidikan, sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan yang mendukung. Sementara faktor penghambatnya pembinaan adalah jumlah relawan inti yang sedikit, minat yang belum terbuka dari anak jalanan, kurang terawatnya sarana dan prasarana. Ketiga, upaya pembinaan dari Sekolah Master Depok terbagi menjadi dua bagian yaitu dalam bidang pendidikan dan dalam bidang Sosial Ekonomi. Dalam bidang pendidikan yaitu Sekolah Formal Master Depok, program PKBM, rumah tahfidz, bimbingan intensive masuk perguruan tinggi, serta keagamaan. Dalam bidang Sosial-Ekonomi yaitu Marketing online, Bengkel Las, Peternakan, pertanian, Desain Grafis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan; Anak Jalanan; Lembaga
Subjects: Social Process > Social Control
Specific Field of Public Administration > Departments of Education
Education > Miscellany of Education
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: nadhiefah aan ainun
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:41
Last Modified: 29 Aug 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item View Item