Pembinaan Moral Remaja Korban Penyalahgunaan Narkoba Melalui Bimbingan Mental Agama Di Balai Rehabilitasi Sosial Parmadi Putra (BRSPP)

Saep Nur Rohman, Saep (2013) Pembinaan Moral Remaja Korban Penyalahgunaan Narkoba Melalui Bimbingan Mental Agama Di Balai Rehabilitasi Sosial Parmadi Putra (BRSPP). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari maraknya permasalahan penyalahgunaan Narkoba dan obat-obatan terlarang dikalangan remaja, yang menyebabkan degradasi moral pada remaja itu sendiri. Kemudian pemerintah provinsi jawa barat melalui dinas sosial merespon permasalahan tersebut dengan didirikannya panti rehabilitasi yang di khususkan bagi remaja korban penyalahgunaan narkoba dan oabat-obat terlarang, salah satunya adalah Badan Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra (BRSPP), yang bertujuan untuk membantu dalam pembinaan moral, dimana salah satunya dengan metode bimbingan mental keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses Bimbingan mental agama, metode, materi serta media yang digunakan dan hasil Bimbingan mental agama dalam upaya membina moral remaja yang menjadi korban narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. Penelitian ini bertolak dari kajian pemikiran yang menyatakan bahwa “Maksud diadakannya pembinaan kehidupan moral manusia dan penghayatan keagamaan dalam kehidupan seseorang bukan sekedar mempercayai aqidah dan pelaksanaan tata upacara keagamaan saja, tetapi merupakan usaha yang terus menerus untuk menyempurnakan diri pribadi dalam hubungan vertikal kepada Tuhan dan horisontal kepada sesama manusia dan alam sekitarnya. Sehingga mewujudkan keselarasan dan keseimbangan hidup menurut fitrah kejadiannya. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif dengan mengumpulkan data dilakukan dengan teknik observasi, interview, angket, studi dokumentasi. dan penganalisisannya dilakukan dengan cara kualitatif (logika). Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa bimbingan mental agama di Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra (BRSPP) terhadap remaja korban narkoba dan obat-obat terlarang yaitu dengnan menggunakan metode berupa: metode keteladanan, metode dialog keagamaan, metode ceramah, shalat, dzikir, mengaji. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan mental agama di Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra (BRSPP) terhadap remaja korban narkoba dan obat-obat terlarang memberikan hasil yang positif, ini terlihat dari moral mereka yang sedikit demi sedikit menuju ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Narkoba, Remaja, Rehabilitasi
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 01 Feb 2016 05:00
Last Modified: 24 Feb 2016 10:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item