Model pengembangan masyarakat berbasis budaya dan lingkungan hidup dalam menumbuhkan ekonomi kreatif : Studi Kasus di Enam Sentra Wisata di Jawa Barat

Sonya, Endah Ratna and Rahman, M Taufiq and Zuldin, Muhammad and Kustana, Kustana (2014) Model pengembangan masyarakat berbasis budaya dan lingkungan hidup dalam menumbuhkan ekonomi kreatif : Studi Kasus di Enam Sentra Wisata di Jawa Barat. Project Report. LP2M UIN SGD Bandung, Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
PDF MODEL PENGEMBANGAN MASYARAKAT BERBASIS BUDAYA-min.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan akan banyaknya potensi kreatif masyarakat yang harus digali secara optimal melalui pengembangan masyarakat berbasis budaya dan lingkungan hidup. Penelitian ini mengambil kasus di Saung Angklung Udjo Bandung, Kawasan Sentra Bunga Cihideung Lembang-Bandung Barat, Keraton Kasepuhan Cirebon, Sentra Golok Galonggong Tasikmalaya, Sentra Ikan Rancapanggung Cililin, dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Melalui berbagai aktivitas tersebut, masyarakat di sekitar kawasan tersebut semakin meningkat kehidupan ekonominya dan juga turut aktif menjaga kelestarian alam, lingkungan, dan budaya. Penelitian ini mengidentifikasi pengembangan potensi yang belum digarap secara optimal harus menjadi perhatian berbagai pihak untuk mengoptimalkan manfaat untuk masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari enam lokasi penelitian dapat dirinci bahwa empat lokasi yaitu Saung Angklung Udjo, Wisata Bunga Cihideung, Sentra Golok Galonggong, dan Sentra Ikan Rancapanggung itu masuk dalam model pembangunan masyarakat lokal. Karakteristik utamanya adalah aktor utama yang merintis arena tersebut adalah berdasarkan inisiatif masyarakat lokal. Dalam terminologi pembangunan sosial, itu disebut sebagai pembangunan model bottom up. Sementara itu, Keraton Kasepuhan Cirebon dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak berada pada ranah perencanaan sosial. Model ini tidak lagi berbasiskan inisiatif lokal, tetapi dibangun atas perencanaan sosial yang dilakukan oleh berbagai kekuatan formal maupun informal. Keduanya menjalin sinergi yang harmonis dalam mendinamiskan peran sosial Keraton Kasepuhan Cirebon dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ph.D. M Taufiq Rahman
Date Deposited: 29 Aug 2018 02:41
Last Modified: 29 Aug 2018 02:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item View Item