Pengaruh berpikir positif terhadap kecemasan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi: studi kuantitatif atas mahasiswa bidikmisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2012

Lisnawati, Fitri (2016) Pengaruh berpikir positif terhadap kecemasan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi: studi kuantitatif atas mahasiswa bidikmisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
9_DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_BAB I.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB III)
5_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text (BAB V)
6_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis terhadap Mahasiswa Bidikmisi yang sedang dalam proses penyusunan skripsi, mahasiswa mengalami kecemasan berasal dari pikiran-pikiran negatif menjadi ketakutan-ketakutan yang seharusnya tidak terjadi sehingga menghambat proses penyusunan skripsi. Banyak cara untuk mengurangi kecemasan yang dialami mahasiswa salah satunya dengan merubah pikiran-pikiran negatif menjadi pikiran-pikiran yang positif. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana gambaran Berpikir Positif dan Kecemasan mahasiswa serta seberapa besar pengaruh Berpikir Positif terhadap Kecemasan yang dialami Mahasiswa Bidikmisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian dengan data kuantitatif yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Dengan teknik sampling incidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 25 orang yakni mahasiswa Bidikmisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2012. Berdasarkan hasil penghitungan menggunanakan SPSS versi 20.0 didapatkan adanya hubungan berpikir positif dengan kecemasan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dengan korelasi sebesar 0,601 dan r tabel dengan angka sebesar 0,396 dengan demikian nilai r hitung > dari nilai r tabel pada taraf signifikansi 5%. Kemudian hasil uji koefisien determinasi diperoleh besarnya koefisien determinasi sebesar 0,361. Maka presentase pengaruh berpikir positif dengan kecemasan adalah 36,1% sedangkan sisanya 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini mengatakan adanya pengaruh berpikir positif terhadap kecemasan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Artinya seorang mahasiswa yang berpikir positif mampu mengurangi kecemasan yang dimilikinya sedangkan mahasiswa yang memiliki cara berpikir negatif akan mengalami kesulitan untuk menangani kecemasannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berfikir Positif;Bidikmisi
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:56
Last Modified: 30 Aug 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item