Norma Hukum Ijarah Terhadap Penetapan Tarif pada jasa Layanan Angkutan Umum DAMRI : Studi kasus pada perum DAMRI Kantor Cabang Bandung

Nurhayati, Nurhayati (2018) Norma Hukum Ijarah Terhadap Penetapan Tarif pada jasa Layanan Angkutan Umum DAMRI : Studi kasus pada perum DAMRI Kantor Cabang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Trasportasi menjadi salah satu ukuran penting dari Good Govermance bagi pelayanan publik yang di nilai baik dan buruk. Kualitas pelayanan akan kebutuhan jasa trasportasi umum khusus damri yang diberikan kepada masyarakat guna mempermudah dalam kegiatan. Dalam bidang muamalat, tidak mungkin manusia hidup individu dan tidak membutuhkan keperluan tanpa melibatkan orang lain. Pada hakikatnya manusia mahklus sosial, dimana tidak dapat bekerja sendiri dan sudah pasti membutuhkan orang lain. Adanya hubungan kerjasama dalam pemenuhan akad merupakan bentuk bahwa dalam bertransaksi ada hubungan tolong menolong antar pihak guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Begitupula tujuan dari Perum DAMRI dalam Penetapan Tarif Pembayaran Jasa Angkutan Umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penentuan Harga Pembayaran satu tarif pada Jasa Layanan Angkutan Umum Damri (2) Mekanisme sistem Pembayaran satu Tarif pada Jasa layanan Angkutan Umum Damri (3) Harmonisasi Norma Hukum Ijarah Terhadap sistem Pembayaran satu Tarif pada Jasa Angkutan Umum Damri. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran tentang Konsep Norma Hukum Ijarah terhadap penetapan tarif pembayaran Jasa Angkutan Umum di tinjau dari Norma Hukum Ijarah, teori harga dan teori ketetapan tarif sebagai landasan yang di sesuaikan dengan ketentuan peraturan Undang undang sebagai landasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan suatu satuan analisis secara utuh, sebagai suatu kesatuan yang terintregasi, terutama yang ada hubungannya dengan masalah yang di bahas, yaitu Norma Hukum Ijarah dalam Penetapan tarif Pembayaran Jasa angkutan Umum DAMRI. Sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dengan masalah yang ada di Perum DAMRI mengenai penetuan Tarif. Analisis data menggunakan pendekatan Kualitatif. Kemudian dianalisis dan di tarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa (1) Sistem Penentuan satu tarif pada jasa layanan angkutan umum DAMRI mengikuti ketentuan surat edaran dari General Menager tentang ketetapan Tarif jauh dekat yang berlaku pada setiap rute yang berbeda. (2) Ketentuan Sistem Pembayaran yang memiliki landasan Hukum sebagaimana yang terdapat pada Undang-undang, Peraturan Dinas Perhubungan, Peraturan Gubernur, Peraturan Daerah Kota Bandung, dan Peraturan pemerintah tantang Perusahaan Umum (Perum) Damri bertolak Belakang dengan Perum Damri terapkan, yang beralasan penetapan Harga disesuaikan pada penyesuaian tarif berlaku jauh dekat (3) Mekanisme sistem Pembayaran satu tarif Berdasarkan Hukum Islam Harga Jasa ditentukan oleh sistem sewa yang ada pada ketentuan Ijarah. Yaitu adanya asas Keadilan, Tolong Menolong, Kerjasama, Kemanfaatan, Keridhoan, Kejujuran, Asas kebebasan dalam berakad. Dan Perum Damri tidak memiliki kriteria Tarif selain terbitnya surat edaran General Manager.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tarif;Norma Hukum;ijarah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Administration of Economy
Administration of Economy > Departments of Transportation
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 03 Sep 2018 04:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13150

Actions (login required)

View Item View Item