Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Komp. Bumi Orange Kab. Bandung

Rahmawati, Rizky (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Komp. Bumi Orange Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan GUnung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Rizky Rahmawati; Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (Penelitian Tindakan Kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Komp. Bumi Orange Kab. Bandung) Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Komp. Bumi Orange Kab. Bandung, pada saat pembelajaran SBK kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan metode konvensional dimana pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa mengalami kejenuhan terlihat dari perilaku siswa di kelas seperti kurang memperhatikan guru sehingga hasil belajar siswa masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu dengan nilai 78. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu adanya inovasi dari seorang guru dalam memperbarui model pembelajaran di dalam kelas, sehingga tercipta hasil belajar siswa yang baik dari keaktifan siswa dalam berdiskusi saat memahami materi pembelajaran. Dari permasalahan tersebut timbul ide mengenai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran koperatif tipe Co-Op Co-Op pada setiap siklus. Model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op menempatkan tim dalam koperasi antara satu dengan lainnya untuk mempelajari sebuah topik di kelas. Co-Op Co-Op memberi kesempatan pada peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diri mereka dan dunia, dan selanjutnya memberikan mereka kesempatan untuk saling berbagi pemahaman baru itu dengan teman-teman sekelasnya (Slavin, 2009:214). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang berlangsung selama dua siklus dengan subjek siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi berjumlah 24 orang siswa. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hasil rata-rata aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus. Aktivitas guru pada siklus I hanya mencapai 75% dan hasilnya meningkat pada siklus II dengan perolehan 84%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I hanya 58.5% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85.5% dari skor ideal 100% dan untuk hasil belajar siswa nilai rata-rata siklus I adalah 33%, pada siklus II meningkat menjadi 75% dari siklus sebelumnya. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe Co-Op Co-Op dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Tipe Co-Op Co-Op;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizky Rahmawati
Date Deposited: 31 Oct 2018 08:37
Last Modified: 31 Oct 2018 08:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13159

Actions (login required)

View Item View Item