Hubungan persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Salat Jumat di sekolah: penelitian terhadap siswa di kelas VII SMP Karya Budi Bandung

Suparman, Kharisma Guna (2018) Hubungan persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Salat Jumat di sekolah: penelitian terhadap siswa di kelas VII SMP Karya Budi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Seharusnya siswa yang mempersepsikan keluarganya harmonis memiliki prestasi yang tinggi di sekolahnya. Sebaliknya, siswa yang mempersepsikan keluarganya tidak harmonis memiliki prestasi yang rendah di sekolahnya. Namun fenomena di lapangan mengatakan lain, yaitu terdapat beberapa siswa yang meskipun mempersepsikan bahwa keluarganya harmonis tetapi memiliki prestasi yang rendah di sekolah, begitupun juga sebaliknya, Hal ini terbukti dari beberapa siswa yang mempersepsikan keluarganya harmonis ada yang mendapatkan nilai ulangan harian di bawah KKM, yaitu berkisar dari 60-70. Sementara itu, ada beberapa siswa yang mempersepsikan keluarganya tidak harmonis mendapatkan nilai ulangan harian di atas KKM, yaitu berkisar dari 80-100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga di kelas VII SMP Karya Budi Bandung; (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Salat Jumat di kelas VII SMP Karya Budi Bandung; (3) Hubungan persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Salat Jumat di kelas VII SMP Karya Budi Bandung. Penelitian ini bertolak pada kajian teoritis yang merupakan penggabungan dua teori Elizabeth B. Hurlock yang menyatakan bahwa terdapat hubungan persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar mereka. Atas dasar itu hipotesis yang diajukan adalah semakin positif persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga, maka semakin tinggi prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi salat Jumat di sekolah, begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa. Analisis korelasi kedua variabel penelitian ini menggunakan teknik korelasi Rank Spearman karena variabel Y berdistribusi tidak normal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga berkategori positif dengan nilai rata-rata sebesar 3,7 yang berada pada interval 3,5 - 4,5. (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi salat Jumat berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 70,22 yang berada pada interval 70 – 79. (3) Hubungan antara keduanya adalah (a) koefisien korelasinya termasuk kategori sedang (skor 0,47). (b) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis diterima berdasarkan harga t_hitung (3,92) lebih besar daripada t_tabel (2,00). (c) Kadar pengaruhnya sebesar 12%. Dengan demikian masih ada 88% faktor lain yang berhubungan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi salat Jumat di sekolah selain persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Keharmonisan Keluarga; Prestasi Belajar; Mata Pelajaran PAI; Materi Salat Jumat
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kharisma Guna Suparman
Date Deposited: 12 Sep 2018 06:20
Last Modified: 12 Sep 2018 06:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13171

Actions (login required)

View Item View Item