Khitobah Walimah sebagai Model Tabligh: Studi Deskriptif tentang Khitobah Ustadz Jumdia pada Momentum Aqiqah di Kampung Cileunca Kabupaten Bandung Barat

Hermawan, Erin Derostiani (2018) Khitobah Walimah sebagai Model Tabligh: Studi Deskriptif tentang Khitobah Ustadz Jumdia pada Momentum Aqiqah di Kampung Cileunca Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Islam merupakan agama universal yang mengatur seluruh tatanan kehidupan manusia yang berpacu pada Alkuran dan Assunnah. Islam juga mengatur seluruh tatanan kehidupan dalam berbagai aspek, seperti halnya dalam bentuk pengembangan Islam itu sendiri, contohnya dalam mengembangkan keagamaan melalui tradisi ataupun budaya. Islam memberikan seluruh tata aturan yang dapat memeberikan keleluasaan dalam mengembangkan aturan tersebut asal tetap ada dan tak keluar dari syariat Islam itu sendiri. Khitobah adalah ceramah atau pidato yang disampaikan oleh mubaligh kepada jamaah (mad’u) untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam melalui media lisan baik berupa ibadah mahdhoh ataupun yang tidak terkait dengan ibadah mahdhoh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Teknik Khitobah Ustadz Jumdia pada momentum Walimatul Aqiqah di kampung Cileunca Kab. Bandung Barat selanjutnya, untuk mengetahui Pendekatan Khitobah yang diterapkan Ustadz Jumdia pada momentum Walimatul Aqiqah di kampung Cileunca Kab. Bandung Barat dan yang terakhir untuk mengetahui Keterlibatan unsur-unsur Tabligh Ustadz Jumdia pada momentum Walimatul Aqiqah di kampung Cileunca Kab. Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan teori yang mengadopsi dari model komunikasi dalam model S-R dan komunkasi model Harold Laswell, yang menurunkan lima unsur komunikasi yaitu : Sumber, Pesan, saluranmedia, penerima dan Efek. Yang menjadi inti sumber penelitian ini adalah Ustadz Jumdia. Pesan yang dsampaikan yaitu pesan-pesan islam yang berlandaskan as-sunnah dan al quran dalam menyikapi dan mensyukuri lahir anak dalam momentum aqiqah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif. Karena tujuan pokoknya dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang khitobah walimah sebagai model tabligh dan teknik khitobah ustadz Jumdia pada momentum Aqiqah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa khitobah walimah sebagi model tabligh yang di lakukan oleh ustadz Jumdia pada momentum aqiqah yaitu sumbernya adalah Ustadz Jumdia pesannya tentang amar ma’ruf nahyi munkar berlomba-lomba dalam kebaikan serta mensyukuri nikmat Allah SWT, metode salurannya secara langsung tatap muka sasarannya ibu-ibu, bapak-bapak. Remaja, media yang digunakan berupa mikrofon dan teks tertulis efek nya menambah wawasan ilmu pada mad’u dan terjadi perubahan sikap ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Khitobah;Walimah;Aqiqah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Kurban, Qurban dan Aqiqah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Erin Derostiani Hermawan
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:26
Last Modified: 17 Oct 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item