Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ) di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat Dalam Perspektif Prinsip Syura

Jalil, Hilmi Razi Fahada (2018) Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ) di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat Dalam Perspektif Prinsip Syura. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (901kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Banyak persoalan yang terjadi di dalam tubuh Badan Permusyawaratan Desa yaitu yang pertama menyangkut kompetensi anggotanya dalam menjalankan fungsinya dan sehingga dimungkinkan bahwa kualitas Badan Permusyawaratan Desa tersebut berpengaruh terhadap keputusan yang akan ditetapkan, dan yang kedua adalah Atau faktor lembaga desa yang tidak menjalankan wewenangnya sesuai Undang-Undang atau memang ada hal lain yang mengakibatkan terjadinya hambatan-hambatan sehingga peraturan tugas dan fungsi tidak berjalan dengan baik. Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka penulis memberikan perumusan masalah, yaitu: Bagaimana mekanisme pelaksanaan tugas dan fungsi BPD di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat? Bagaimana proses pembuatan Peraturan Desa (Perdes) oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan aparat di desa? Apakah faktor yang mempengaruhi relevansi antara pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan prinsip Syura’ dalam dalam siyasah dusturiyah? Berkenaan dengan perumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menjelaskan bagaimana tugas dan B di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, menjelaskan prinsip Syura’ yang terdapat dalam Qur’an, Hadits, dan Qawaid, menjelaskan kesesuaian antara tugas dan fungsi (BPD) dengan prinsip Syura’. Metode penelitian ini menggunakan studi deduksi, yaitu data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari pengamatan atau observasi langsung di lapangan. Selain itu data juga akan diperoleh dari beberapa tulisan, baik itu dalam bentuk buku, jurnal, artikel dan data-data dari arsip Desa yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji dalam tulisan ini Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Implementasi prinsip syura di BPD Kertawangi sebagai berikut: 1) kebebasan berdialog 2) semua itu di landasi oleh Al-Qur’an dan As-Sunnah 3) berasaskan Islam sebagai prinsip syura 4) prinsip kesetaraan (al-musawat/equality) 5) prinsip keadilan bagi kemaslahatan umat, dan voting dalam pandangan BPD Kertawangi bisa disebut syura dalam pengambilan keputusan. Relevansi antara tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa dengan prinsip Syura telah sesuai dengan apa yang dilakukan aparat desa bermusyawarah dengan masyarakat, hal itu telah dilaksanakan sesuai prosedur dan kebijakan yang ada serta prosedur yang ada dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, masyarakat turut serta dan berpartisipasi dalam segala urusan yang terjadi di desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Badan Permusyawaratan Desa; Permendagri; Syura;
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Muslim
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
International Relations
Law > Organization and Management of Law
International Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Hilmi Razi Fahada Jalil
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:31
Last Modified: 03 Sep 2018 02:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13204

Actions (login required)

View Item View Item