Perempuan Yang Bekerja di Daerah Industri Hubungannya dengan Pemenuhan Hak-Hak Keluarga : Studi kasus di Desa Karyamekar Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta

Nina Tania, Fiani (2018) Perempuan Yang Bekerja di Daerah Industri Hubungannya dengan Pemenuhan Hak-Hak Keluarga : Studi kasus di Desa Karyamekar Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover depan.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy

Abstract

Hak dan kewajiban suami istri di atur dalam Undang-undang Nomor 1Tahun 1974 tentang Perkawinan pasal 30-34 dan mengenai kewajiban istri diatur dalam KHI pasal 83. Apablia dilihat dari kewajibannya, seorang perempuan mempunyai kewajiban dalam keluarga sebagai istri untuk suaminya, ibu untuk anak-anaknya dan sebagai pengatur rumah tangga. apabila istri yang bekerja dapat menghabiskan waktu kerja hingga setengah hari dan bahkan ada yang sampai larut malam. tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi terhadap pemenuhan hak-hak keluarga, tanggung jawabnya sebagai istri terhadap suami dan ibu terhadap anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab perempuan yang bekerja di daerah industri untuk memenuhi hak-hak keluarga terhadap suami dan anak-anaknya, untuk mengetahui implikasi perempuan yang bekerja di daerah industri terhadap pemenuhan hak-hak keluarga di desa karyamekar kecamatan cibatu kabupaten purwakarta. Penelitian ini bertolak pada pemikiran, bahwa dalam kompilasi hukum islam Pasal 83 menjelaskan tentang kewajiban istri terhadap suami (1)Kewajiban utama bagi seorang istri adalah berbakti lahir dan batin di dalam batas-batas yang dibenarkan oleh hukum Islam. (1) Istri menyelanggarakan dan mengatur keperluan rumah tangga sehari-hari dengan sebaik-baiknya. dan tanggung jawab ibu sebagai orang tua adalah mengantarkan anak-anaknya dengan cara mendidik dan membekali mereka dengan ilmu pengetahuan untuk bekal mereka dihari dewasa nanti. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi ke lapangan dan wawancara secara langsung dengan para perempuan yang bekerja di daerah industri yang telah menikah dan memiliki anak di desa karyamekar kecamatan cibatu kabupaten purwakarta dan studi kepustakaan dengan litelatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa istri yang bekerja memiliki tanggung jawab sebagai pemenuh hak-hak keluarga sesuai dalam KHI pasal 83 msekipun terdapat kekurangan-kekurangan dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Hal itu tentu dapat mengakibatkan implikasi (Dampak) terhadap keluarga, baik itu berupa implikasi positif yaitu peningkatan ekonomi keluarga dapat terpenuhinya kebutuhan primer, sekunder, dan tersier ataupun implikasi negatif yaitu kurang baiknya komunikasi dengan suami dan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perrempuan yang bekerja; Hak dan kewajiban suami sitri
Subjects: Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: nina tania fiani
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:15
Last Modified: 04 Sep 2018 01:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13215

Actions (login required)

View Item View Item