Analisis Makna Pada Tayangan Lentera Indonesia di Net Tv : Studi Analisis Semiotika Pada Tayangan Lentera Indonesia dalam Episode “Pemuda Pembuka Jalan Perubahan” Menurut Roland Barthes

Aziz, Fahmi Nauval (2018) Analisis Makna Pada Tayangan Lentera Indonesia di Net Tv : Studi Analisis Semiotika Pada Tayangan Lentera Indonesia dalam Episode “Pemuda Pembuka Jalan Perubahan” Menurut Roland Barthes. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRACK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Ketertarikan akan sebuah perjuangan sebagai langkah awal bagi peneliti memilih penilitian mengenai tayangan dokumenter di Televisi nasional, Lentera Indonesia Net Tv menjadi pilihan program bagi peneliti yang juga salah satu bagian dari program Indonesia Mengajar. Dengan tagline Semangat, Dedikasi dan Perjuangan program tayangan tersebut mampu mempresentasikan makna dari tagline yang mereka usung. Melalui episode “Pemuda Pembuka Jalan Perubahan” peneliti ingin mengetahui makna-makna pesan apa saja yang terkandung dalam tayangan tersebut. Dalam menjelaskan masalah yang akan diteliti, dirumuskan masalah sebagai berikut, Apa Makna Denotasi, Makna Konotasi dan Makna Mitos dalam isi pesan program tayangan Lentera Indonesia episode “Pemuda Pembuka Jalan Perubahan” edisi 08 Oktober 2017, dilihat dari perspektif Semiotika model Roland Barthes? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes, yang merekontruksi makna dalam sebuah tanda menjadi makna denotasi, konotasi dan mitologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keseluruhan episode Pemuda Pembuka Jalan Perubahan yang telah dipilih peneliti memiliki makna denotasi, konotasi dan mitologi yang beroperasi didalamnya. Makna Denotasi yang ada dalam objek yang ditampilkan dan tanda-tanda yang muncul dari foto serta kegiatan-kegiatan yang ada dalam foto penelitian tersebut menunjukan adanya makna lain. Makna konotasi foto peristiwa di penilitian ini dapat dilihat dari proses produksi sebuah gambar atau foto. Untuk mengetahui makna konotasi pada foto peristiwa didalam tayangan Lentera Indonesia ini dapat di analisis melalui enam prosedur Roland Barthes guna mendapatkan analisis yang relevan dari potongan adegan. Mitos yang beroperasi pada tanda-tanda dalam fotto-foto penelitian ini, terlihat dari objek secara langsung atau apa yang ada di dalam foto dan perluasan makna yang ditunjukan pada makna konotasi sehingga berubah menjadi mitologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: semiotika; semiotika komunukasi; lentera Indonesia; NET TV
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Philosopy and Theory > Semiotics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fahmi Nauval Aziz
Date Deposited: 03 Sep 2018 06:13
Last Modified: 03 Sep 2018 06:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13217

Actions (login required)

View Item View Item