Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja karyawan pada perum BULOG divisi regional Jawa Barat

Nurdianti, Santi (2018) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja karyawan pada perum BULOG divisi regional Jawa Barat. Diploma thesis, UIn Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kinerja karyawan di Perum BULOG Divisi Regional Jawa Barat. Hal tersebut terlihat dari masih rendahnya kualitas kerja karyawan, masih rendahnya ketepatan waktu karyawan dalam mengerjakan tugas dan masih tingginya tingkat absenasi karyawan. Rendahnya tingkat kinerja karyawan diduga dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap kinerja karyawan Perum BULOG Divisi Regional Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, untuk gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional, peneliti menggunakan Teori dari James MacGregor Burns dan Bernard Bass. Sedangkan untuk kinerja karyawan peneliti menggunakan Teori dari Bangun Wilson. Untuk mengetahui pengaruh dari gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja karyawan, maka penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, metode kausal komparatif dan dengan pendeketan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan sampling jenuh, dimana populasi karyawan Perum BULOG Divi Regional Jawa Barat sebanyak 66 orang dijadikan sampel atau responden. Pengujian stastistik yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, analisis regresi berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai thitung > ttabel (4,019 >1,669) dan taraf signifikansi lebih kecil dari (ɑ) 0,05 (0,000 < 0,05). Gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan thitung > ttabel (5,013 > 1,669) dan taraf signifikansi lebih kecil dari (ɑ) 0,05 (0,000 < 0,05). Gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai Fhitung > Ftabel (25,183 > 3,14) dan taraf signifikansi lebih kecil dari (ɑ) 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi atau R squere (R2) yang diperoleh dari pengolahan data untuk gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan di Perum BULOG Divisi Regional Jawa Barat secara simultan adalah sebesar 0,444, hal ini menunjukan persentase sumbangan pengaruh variabel gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan sebesar 44,4% sedangkan sisanya sebesar 55,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Kepemimpinan Transaksional; Kinerja Karyawan
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Santi Nurdianti
Date Deposited: 04 Sep 2018 03:42
Last Modified: 04 Sep 2018 03:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item View Item