Pengaruh perubahan kurs mata uang dan jumlah dividen per saham terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): studi pada PT.Adhi Karya (Persero) Tbk Periode 2005-2015

Marlina, Sunni (2018) Pengaruh perubahan kurs mata uang dan jumlah dividen per saham terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): studi pada PT.Adhi Karya (Persero) Tbk Periode 2005-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya nilai tukar mempunyai efek positif pada harga saham keseluruhan. Peningkatan sebagian deviden merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham dapat meningkatkan kepercayaan dari pemegang saham karena apabila jumlah kas deviden besar hal itu sangat diinginkan oleh investor sehingga harga saham akan naik. Berdasarkan hal tersebut mengakibatkan adanya fluktuasi yang cukup berpengaruh kepada harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kurs Mata Uang secara parsial terhadap Harga Saham pada PT. Adhi Karya (persero) Tbk. Kemudian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Deviden Per Saham secara parsial terhadap Harga Saham pada PT. Adhi Karya (persero)Tbk. Serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kurs Mata Uang dan Deviden Per Share (DPS) secara simultan terhadap Harga Saham pada PT. Adhi Karya (persero)Tbk. Kurs mata uang adalah catatan (quatation) harga pasar dari mata uang asing (foreign currency) dalam harga mata uang domestik (domestic currency) atau resiprokalnya yaitu harga mata uang domestik dalam mata uang asing. Dividen adalah bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham, jumlah Dividen Per Saham yang akan dibagikan diusulkan oleh dewan direksi dan disetujui didalam RUPS. Berdasarkan teori, kedua variabel independen tersebut berpengaruh terhadap variabel dependen harga saham. Metodologi penelitian yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah metode deskriptif-analisis dan verifikatif. Metode verifikatif adalah metode untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan dalam bidang yang telah ada dan digunakan untuk menguji hipotesis yang menggunakan perhitungan statistik. Hasil penelitian ini diperoleh nilai uji t sebesar 3,129 dengan tingkat signifikansi 0,014%. Dapat disimpulkan bahwa H1 di terima dan H0 di tolak yang artinya terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Kurs Mata Uang terhadap Harga Saham pada PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Kemudian untuk variabel Dividen Per Saham diperoleh nilai uji t sebesar 2,737 dengan tingkat signifikan 0,695%. Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Dividen Per Saham terhadap Harga Saham pada PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Secara simultan hasil analisis penelitian ini, dapat diketahui bahwa besarnya nilai Fhitung adalah13,314 dan Ftabel sebesar 4,74 dengan signifikansi sebesar 0,004%. Maka dengan demikian di ketahui bahwa Fhitung>Ftabel atau 13,314>4,74. Maka H0 ditolak, dan H1 diterima. Jadi, terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Kurs Mata Uang dan Dividen Per Saham (DPS) terhadap Harga Saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurs Mata Uang; Dividen Per Saham; Harga Saham
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Sunni Marlina
Date Deposited: 04 Sep 2018 03:17
Last Modified: 04 Sep 2018 03:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13246

Actions (login required)

View Item View Item