Penerapan prinsip qaulan sadidan dalam dakwah Dr. Zakir Naik: penelitian pada video youtube debat dan Ceramah “ Dr Zakir Naik berhasil menjawab pertanyaan seorang Atheis tentang penciptaan manusia”.

Aminah, Neng (2016) Penerapan prinsip qaulan sadidan dalam dakwah Dr. Zakir Naik: penelitian pada video youtube debat dan Ceramah “ Dr Zakir Naik berhasil menjawab pertanyaan seorang Atheis tentang penciptaan manusia”. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.Bab I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB III)
6.Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
7.Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
8.Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Seorang da’i dituntut untuk mengembangkan keterampilan, membangun argumen yang kokoh untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada mad’u nya dan mengemas pesan- pesan dakwah dengan pendekatan bahasa dakwah yang tepat mengenai sasaran. Dr Zakir Naik yang tegas dan jelas di setiap argumennya, menggunakan dalil-dalil yang meyakinkan mad’u nya dan dengan pemikirannya yang logis mampu memberikan pencerahan kepada ratusan juta orang di seluruh dunia, dan telah mengislamkan puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia. Berdasarkan latar belakang diatas, maka Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah prinsip qaulan sadidan yang diterapkan dalam dakwah Dr. Zakir Naik. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan teori komunikasi persuasif. Yang dijabarkan oleh Ronald L. Applebaum Dan sebagai teori pendukung yaitu teori De Vito yang menggunakan pendekatan psikologis. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi ( content analysis ) berdasarkan objek yang akan diteliti. Dalam hal ini, objek penelitian ini adalah tayangan debat dan ceramah yang di akses melalui Youtube, dengan judul video yaitu Dr. Zakir Naik berhasil menjawab pertanyaan seorang Atheis tentang penciptaan manusia. dengan durasi video 22 menit 27 detik . Dengan teknik pengumpulan data melalui membaca, mencatat, mengolah serta studi pustaka. Dengan metode ini peneliti mencoba mengkaji data- data keseluruhan isi pesan dakwah pada Dr. Zakir Naik. Dari data – data yang diperoleh , maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat penerapan prinsip qaulan sadidan dalam dakwah yang disampaikan oleh Dr. Zakir Naik. Hal tersebut berdasarkan beberapa aspek diantaranya 1) unsur kejelasan dalam penyampaian materi dakwah Dr Zakir Naik, yang dilihat dari a) kejelasan sumber b) kejelasan dalam memberikan penegasan dalam penyampaian dakwahnya 2) unsur kemahiran dalam penjelasan dakwah Dr. Zakir Naik , dilihat dari a) kemahirannya menguasai ilmu agama Islam dan kitab agama lain, b) kemahiran menggunakan ilustrasi c) kemahiran dalam menjawab pertanyaan mad’u 3) daya tarik logika dalam penjelasan dakwah, Lebih tepatnya da’i selaku komunikator harus mampu melogikakan pesan dakwah dengan bahasa yang mudah dipahami. Disini dilihat dari a) logika nya menggunakan ayat Qur’an, dan b) argumentasinya yang logis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: qaulan sadidan;zakir naik;dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 06 Sep 2018 00:34
Last Modified: 06 Sep 2018 00:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item