Tanggapan siswa terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah: penelitian deskriptif terhadap siswa kelas VIII SMP Al-Hasan Panyileukan Bandung

Gumilar, Firas Agyati (2015) Tanggapan siswa terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah: penelitian deskriptif terhadap siswa kelas VIII SMP Al-Hasan Panyileukan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER DEPAN.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV BARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMP Al-Hasan, yakni terdapat keanekaragaman tanggapan siswa terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana. Sebagian siswa ada yang memberikan tanggapan positif dan ada yang memberikan tanggapan negatif. Demikian pula dengan akhlak siswa, ada yang berakhlak baik dan ada yang berakhlak kurang baik. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan antara pembelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah. Dengan adanya fenomena tersebut, penulis tertarik untuk meneliti apakah ada hubungannya antara tanggapan siswa terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VIII SMP Al-Hasan terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana, akhlak siswa kelas VIII SMP Al-Hasan sehari-hari di sekolah dan hubungan antara tanggapan siswa kelas VIII SMP Al-Hasan terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritik yang menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi akhlak salah satunya yaitu tanggapan. Dari asumsi teori ini diajukan hipotesis semakin positif tanggapan siswa terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana, akan semakin tinggi pula akhlak mereka sehari-hari di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknis analisis korelasional. Metode ini cocok untuk melukiskan kondisi faktual secara sistematis mengenai fakta yang diteliti maupun karakteristik dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan siswa terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana termasuk kategori tinggi. Hal ini berdasarkan skor rata-rata sebesar 4,16 yang berada pada rentang interval 3,40 - 4,19. Akhlak siswa sehari-hari di sekolah juga sangat tinggi, yaitu skor rata-rata 4,46 yang berada pada rentang 4,20 – 5,00. Terdapat korelasi yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap mata pelajaran PAI materi rendah hati, hemat dan sederhana dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah. Dengan taraf signifikansi 5%, hipotesisnya diterima karena thitung  ttabel atau 3,41  2,00. Koefisien korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,41. Hal ini berarti korelasinya cukup karena berada pada interval 0,40 – 0,59. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 17%, dengan demikian masih ada faktor lain sebesar 83% yang dapat mempengaruhi akhlak siswa sehari-hari di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rendah hati; Hemat; Sederhana; Akhlak; Panyilekan; Al-Hasan
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:48
Last Modified: 07 Sep 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item View Item