Pengaruh comprehension monitoring terhadap illusion of knowing: penelitian terhadap mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung angkatan 2013

Nurhikmawan, M Jiahan (2015) Pengaruh comprehension monitoring terhadap illusion of knowing: penelitian terhadap mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung angkatan 2013. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAKSI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (DAFTAR PUTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Dalam suatu pembelajaran tentu saja terdapat suatu permasalahan, salah satu permasalahan dari suatu pembelajaran diantaranya ketika seorang mempelajari suatu ilmu pengetahuan ia tidak melelakukan monitoring dari hasil pembelajarannya. Ketika seseorang lupa untuk memonitoring pemahamnnya maka akan terjadi fenomena yang disebut dengan illusion of knowing yaitu dimana individu atau subjek gagal memahami dan mengerti pengetahuan yang didapatnya yang menjadikan hasil prestasinya buruk/rendah. Pada dasarnya Illusion of knowing terjadi karena kurangnya monitoring pemahaman yang dilakukan oleh individu. Sehingga pengetahuan yang tersimpan dalam memori memudar dan representasi pengetahuannya menjadi buruk. Dalam hal ini memori berpengaruh banyak terhadap proses terjadinya Illusion of knowing. Illusion of knowing munkin dihindari dengan melakukan comprehension monitoring, yaitu proses individu atau subjek dalam memahami suatu informasi atau pengetahuan yang dilakukan untuk memastikan keakuratannya yang dilakukan secara berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Comprehension monitoring terhadap illusion of knowing. Untuk mengetahui Comprehension monitoring yang dilakukan mahasiswa. Untuk mengetahui illusion of knowing yang terjadi pada mahasiswa psikologi fakultas UIN SGD Bandung angkatan 2013. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian True eksperimental, Subjek penelitian yaitu N = 40, Yang dibagi kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Cara pengambilan data menggunakan instrument yang didesain berupa tes essay berupa analisis kasus untuk menguji pemahaman subjek. Uji statistik menggunakan uji T-tes dikarenakan data normal dan homogen. Hasil penelitian ini menunjukan uji statistik T hitung = 4.63 > Ttabel = 1,30 dan P 0.00 < α = 0.05 menunjukan bahwa H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukan bahwa Comprehension monitoring berpengaruh terhadap terjadinya illusion of knowing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: comprehension monitoring; illusion of knowing
Subjects: Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:16
Last Modified: 07 Sep 2018 08:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item View Item