Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe ABC games materi petunjuk penggunaan suatu alat: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Naelushibyan Bandung

Rahma, Sarah Listiani (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe ABC games materi petunjuk penggunaan suatu alat: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Naelushibyan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover SARAH.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK sarah.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.bab 1 sarah baru.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II SARAH FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III sarah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV SARAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa di kelas IV. Peneliti juga melihat bahwa hampir 50% siswa kelas IV MIS Naelushibyan hasil belajar kognitif mata pelajaran Bahasa Indonesianya di bawah KKM sebesar 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan hasil belajar kognitif siswa setiap siklus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi petunjuk penggunaan suatu alat melalui model pembelajaran Kooperatif tipe ABC Games di kelas IV MIS Naelushibyan Bandung. Pencapaian hasil belajar kognitif siswa setelah proses pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe ABC Games. Model pembelajaran Kooperatif tipe ABC Games yaitu suatu bentuk belajar kooperatif yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan aktif dan menyenangkan. Siswa diajak untuk berlomba menemukan jawaban-jawaban secara mandiri dan secara bersama-sama, siswa dalam kelompok berkompetisi dalam meraih nilai atau skor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang melalui empat tahap secara berulang, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 67,75% pada rentang 60-75% dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa adalah 76,25% pada rentang 76-85% dengan kategori baik. Aktivitas guru pada siklus I adalah 64,06% pada rentang 60-75% dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru adalah 82,81% pada rentang 76-85% dengan kategori baik. Adapun hasil belajar kognitif siswa, rata rata nilai seluruh siswa pada siklus I sebesar 70,50% pada rentang 70-79% dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 84,75% pada rentang 80%-89% dengan kategori tinggi. Persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase ketuntasan belajarnya sebesar 65% pada rentang 60%-69% dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 85% pada rentang 80-100% dengan kategori amat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe ABC Games dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIS Naelushibyan Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: naelusbyan; kooperatif; kognitif; games; ABC
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:36
Last Modified: 07 Sep 2018 08:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13368

Actions (login required)

View Item View Item