Korelasi partisipasi masyarakat pada PNPM Mandiri perkotaan dengan karakteristik Individu-Sosial: Penelitian di Desa Cileunyi Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung

Rosida, Rosi (2013) Korelasi partisipasi masyarakat pada PNPM Mandiri perkotaan dengan karakteristik Individu-Sosial: Penelitian di Desa Cileunyi Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Korelasi Partisipasi Masyarakat pada PNPM Mandiri Perkotaan dengan Karakteristik Individu-Sosial (Penelitian di Desa Cileunyi Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung)”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat partisipasi masyarakat pada PNPM Mandiri Perkotaan, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam berpartisipasi pada PNPM Mandiri Perkotaan, dan mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara karakteristik individu-sosial dengan partisipasi masyarakat pada PNPM Mandiri Perkotaan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah karakteristik individu-sosial sebagai variabel independent dan partisipasi sebagai variabel dependen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Keluarga (KK) di Desa Cileunyi Wetan yang terdiri dari 5 dusun yaitu Kadus I, II, III, IV dan V. Teknik pengembilan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada metode simple random sampling yaitu teknik penentuan sampel secara acak. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 265 KK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik nonparametris metode Rank Spearman dan rata-rata skor total. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat Desa Cileunyi Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung pada PNPM Mandiri Perkotaan positif dengan skor total partisipasi 5755 berada pada interval 5409 – 6681. Karakteristik sosial mempengaruhi partisipasi sebesar 25.5%, penghasilan sebesar 6.86%, tingkat pendidikan formal sebesar 3.76%, jenis pekerjaan sebesar 2.35%, lama tinggal sebesar 1.93%, umur sebesar 1.23% dan asal daerah sebesar 0.64%. Setelah uji hipotesis dilakukan terhadap partisipasi masyarakat dan karakteristik individu-sosial pada PNPM Mandiri Perkotaan diperoleh kesimpulan hipotesis 1 terbukti, yaitu tingkat partisipasi masyarakat pada PNPM Mandiri Perkotaan adalah positif. Hipotesis 2 terbukti dengan menerima H1, yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara karakteristik individu-sosial dengan partisipasi pada PNPM Mandiri Perkotaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat;Partisipasi; Karakteristik
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:13
Last Modified: 17 Jul 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item