Tanggapan siswa terhadap metode Hypnolearning hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: penelitian kuantitatif terhadap siswa kelas VIII C SMP Bakti Nusantara 666 Bandung

Nurjanah, Nita (2018) Tanggapan siswa terhadap metode Hypnolearning hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: penelitian kuantitatif terhadap siswa kelas VIII C SMP Bakti Nusantara 666 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMP Bakti Nusantara 666 Bandung, yakni timbul kesenjangan, di satu pihak Metode Hypnolearning memberikan dukungan dalam memotivasi siswa dalam belajar. Dipihak lain, motivasi siswa masih rendah seperti masih adanya siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik. Dari fenomena tersebut timbullah permasalahan yang harus diteliti, bagaimana realitas motivasi belajar siswa kelas VIII C SMP Bakti Nusantara 666 Bandung pada mata pelajaran PAI? Adakah hubungan antara keduanya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap Metode Hypnolearning, 2) Realitas motivasi belajar siswa, dan 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap Metode Hypnolearning dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa tinggi rendahnya motivasi siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tanggapan siswa terhadap Metode Hypnolearning. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis semakin tinggi tanggapan siswa terhadap Metode Hypnolearning, maka semakin tinggi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Jika semakin rendah tanggapan siswa terhadap Metode Hypnolearning, maka semakin rendah motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, studi dokumen, studi pustaka, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis logika untuk mengolah data kualitatif dan analisis statistika untuk mengolah data kuantitatif dengan analisis parsial dan korelasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Realitas variabel X menunjukkan kualifikasi positif, dengan nilai 4,01. Nilai tersebut berada pada interval 3,51 – 4,50. Realitas variabel Y menunjukkan kualifikasi tinggi, dengan nilai 3,51. Nilai tersebut berada pada interval 3,51 – 4,50. Hal tersebut ditujukan melalui persamaan regresi Y = 52,65 + (0,03) X dengan koefisien korelasi sebesar 0,07 yang termasuk kategori “sangat rendah” karena berada pada interval 0,00 – 0,19. 2) Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui thitung < ttabel atau 0,41 < 2,03. Ini berarti hipotesis (H0) diterima dan hipotesis (Ha) ditolak. 3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Karena menunjukkan kualifikasi yang sangat rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode Hypnolearning; motivasi; belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nita Nurjanah
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:42
Last Modified: 17 Sep 2018 07:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13402

Actions (login required)

View Item View Item