Pengaruh model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik: penelitian quasi eksperimen di kelas III MIN I Kota Bandung

Putri, Fia Alifah (2018) Pengaruh model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik: penelitian quasi eksperimen di kelas III MIN I Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang masih rendah, hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran yang terjadi antara guru dan siswa bersifat satu arah, pembelajaran yang minim media, dan model pembelajaran tidak beragam membuat siswa tidak aktif, sibuk sendiri dan tidak antusias dalam proses belajar mengajar. Selain itu siswa tidak termotivasi untuk belajar dengan teman yang lain terutama siswa laki-laki dan perempuan cenderung berseteru sehingga berdampak pada pembelajaran yang kurang efektif dan menyenangkan dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan model pembelajaran TAI pada pembelajaran tematik di MIN 1 Kota Bandung. 2) Motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran pada pembelajaran tematik. 3) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAI pada pembelajaran tematik. 4) Pengaruh model pembelajaran TAI terhadap motivasi belajar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini didasarkan pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi banyak faktor salah satunya penggunaan model pembelajaran yang tepat, diantaranya model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Bedasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah Pengaruh model pembelajaran TAI diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttes Control Group Design, sampel Non Probality Sample, dan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data observasi dan angket, dan dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test Berdasakan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) Pelaksanaan model pembelajaran TAI dalam proses pembelajaran tematik sudah terlaksana dengan baik dengan hasil observasi aktivitas guru rata-rata 96% berada pada kategori sangat baik. Observasi aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 83% berada pada kategori baik. 2) Motivasi siswa dengan model pembelajaran konvensional tidak terlalu menunjukan hasil perbedaan yang jauh, dengan hasil sebelum pembelajaran sebesar 54,59 pada kategori tinggi dan sesudah pembelajaran sebesar 58,43 pada kategori tinggi. 3) Motivasi siswa dengan model pembelajaran TAI menunjukan peningkatan dengan hasil sebelum pembelajaran sebesar 54,49 pada kategori tinggi dan sesudah pembelajaran sebesar 65,31 pada kategori sangat tinggi. 4) Terdapat pengaruh yang cukup tinggi dengan penggunaan model pembelajaran TAI terhadap peningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik, dibandingkan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji Independent Sample T-Test sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 yang berarti H0 ditolak. Dimana kelompok eksperimen lebih berpengaruh besar dibandingkan kelas kontrol dengan perolehan skor kelas eksperimen sebesar 65,31 dibandingkan kelas kontrol yang hanya 58,43.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Madrasah Ibtidaiyah; Motivasi Belajar; Pembelajaran Tematik; TAI.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fia Alifah Fia Alifah Putri
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:54
Last Modified: 12 Sep 2018 08:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item