Pengaruh metode lihat baca tulis (LIBAT) dalam kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran (BTQ) terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Quran: Penelitian Quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Satu Atap As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung

Sari, Winda (2018) Pengaruh metode lihat baca tulis (LIBAT) dalam kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran (BTQ) terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Quran: Penelitian Quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Satu Atap As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi yaitu ditemukannya permasalahan di MTs SA As-Solehhiyah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, salah satu problem pelaksanakan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran (BTQ) di MTS As-Solehhiyah yaitu kemampuan membaca dan menulis Al-Quran yang masih rendah banyaknya siswa yang kurang mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar ketidaksesuaian membaca Al-Quran dengan kaidah ilmu tajwid serta ketidakmampuan melafalkan huruf hijaiyyah sesuai dengan makharijul huruf nya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi kemampuan membaca dan menulis Al-Quran sebelum menggunakan metode LIBAT. (2) Untuk mengetahui kondisi kemampuan membaca dan menulis Al-Quran setelah menggunakan metode LIBAT. (3) Untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruh metode LIBAT terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Quran. Belajar membaca dan menulis Al-Quran terdapat beberapa metode yang berkembang saat ini salah satu metode dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran yaitu metode LIBAT karena bertujuan untuk menjadi salah satu acuan dalam mensyaratkan baca tulis Al-Quran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII MTs Satu Atap As-Solehhiyah yaitu kelas VII A dan kelas VII B yang berjumlah 83 siswa. Adapun data yang diperoleh merupakan hasil tes dan dokumentasi serta hasil pre-test dan post-test di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, serta perlakuan hanya diberikan pada kelompok eksperimen saja. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji independen t test dengan bantuan software spss versi 22. Adapun nilai signifikansi lebih kecil dari ɑ yaitu (0.000 < 0.05) atau dengan hasil rata-rata skor uji t independen data pre-test kelompok eksperimen dengan 36,95 dan kelompok kontrol dengan nilai rata-rata 13,81 dengan selisih 13,14%. Kesimpulan dari hasil uji independen sampel t test bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kemampuan membaca dan menulis Al-Quran, dengan demikian hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode LIBAT; Kemampuan membaca dan menulis
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WINDA SARI
Date Deposited: 13 Sep 2018 03:55
Last Modified: 13 Sep 2018 03:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13572

Actions (login required)

View Item View Item