Penerapan fungsi manajemen dalam meningkatkan kemakmuran Masjid Safînatussalâm Kab Bandung: Penelitian tentang pengorganisasian Masjid Safînatussalam Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Hamid, Abdul (2013) Penerapan fungsi manajemen dalam meningkatkan kemakmuran Masjid Safînatussalâm Kab Bandung: Penelitian tentang pengorganisasian Masjid Safînatussalam Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)

Abstract

Masjid adalah perangkat masyarakat yang pertama didirikan oleh Rasul Saw. Hal ini sejalan dengan Pertumbuhan masjid di Indonesia yang kini semakin pesat. Hal ini pun juga mencerminkan kecenderungan membangun di kalangan umat islam. Akan tetapi, tidak sedikit masjid yang dibangun tersebut kurang diimbangi dengan penerapan sistem manajemen masjid yang profesional dan modern lantaran masih banyak yang dikelola secara tradisional. Oleh karena itu, eksistensi masjid belum mampu mengoptimalkan peran dan fungsi yang dimilikinya. Masjid yang dikelola oleh manajemen masjid yang profesional yaitu salah satunya masjid Safînatussalâm Desa Cibiru Kab. Bandung. Masjid Safînatussalâm Kab. Bandung ini memiliki visi sebagai pusat pembinaan umat di bidang ibadah, sosial, pendidikan dan budaya dalam mendukung terwujudnya jawa barat yang mandiri, dinamis dan sejahtera, sehingga fungsi dan peran masjid dapat tercapai. Dari hal tersebut tidak akan terlepas akan perannya suatu pengorganisasian yang dilaksanakan di Masjid Safînatussalâm Kab. Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program pengorganisasian dalam hal imarah, kemakmuran masjid dan fungsi pengorganisasian dalam hal imarah terhadap kemakmuran Masjid Safînatussalâm Kab. Bandung. Manajemen masjid adalah suatu proses atau usaha mencapai kemakmuran masjid yang ideal, yang dilakukan oleh seorang pemimpin pengurus masjid bersama staf dan jamaahnya melalui berbagai aktivitas yang positif. Sebagai salah satu fungsi manajemen, pengorganisasian memegang kendali yang cukup besar setelah perencanaan. Pengorganisasian adalah suatu proses penetapan dan pembagian pekerjaan yang akan dilakukan, pembatasan tugas-tugas atau tanggung jawab serta wewenang dan penetapan hubungan-hubungan antara unsur-unsur organisasi, sehingga memungkinkan orang-orang dapat bekerja bersama-sama seefektif mungkin untuk pencapaian tujuan. Kepengurusan Masjid Safînatussalâm Kab. Bandung dalam melaksanakan tugasnya mempunyai tujuan atau misi untuk menfokuskan kegiatanya pada pengokohan iman, persaudaraan dan pengembangan system ekonomi dengan manajemen yang profesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, untuk membuktikan adanya fungsi dari pengorganisasian dalam hal imarah terhadap peningkatan kemakmuran Masjid Safînatussalâm Kab. Bandung. Berdasarkan hasil wawancara dan penelitian yang dilakukan di Masjid Safînatussalâm kab. Bandung dari fungsi pengorganisasian itu dalam hal imarah terhadap kemakmuran Masjid Safînatussalâm bahwa pengorganisasian dalam hal imarah sangat baik dengan terbentuknya segala aktivitas program keagamaan di Masjid Safînatussalâm Desa Cibiru Kab. Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Masjid; Kemakmuran;
Subjects: Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 01:02
Last Modified: 10 Apr 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item