Penerapan strategi pembelajaran tipe crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Al-Furqon Genteng Sumedang

Herawati, Dedeh (2018) Penerapan strategi pembelajaran tipe crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Al-Furqon Genteng Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Hasil studi pendahuluan di MI Al-Furqon Genteng Sumedang di kelas V pada mata pelajaran Fikih diketahui bahwa penggunaan model, strategi dan media pembelajaran yang kurang menarik dan konvensional mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah, peserta didik kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, dan pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada pendidik. Maka salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu strategi pembelajaran Crossword Puzzle yang dalam pelaksanaannya dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih sebelum diterapkan strategi pembelajaran Crossword Puzzle, (2) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle pada mata pelajaran Fikih, dan (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih setelah diterapkan strategi pembelajaran Crossword Puzzle di kelas V MI Al-Furqon Genteng Sumedang. Strategi pembelajaran Crossword Puzzle dapat menstimulus aspek kognitif siswa, yaitu kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah. Untuk memecahkan setiap Crossword Puzzle, siswa harus mampu mengidentifikasi dan memahami istilah-istilah yang digunakan, keterampilan siswa dalam membuat kesimpulan serta mengevaluasi pilihan. Berdasarkan asumsi tersebut maka hepotesis yang diajukan adalah melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Furqon Genteng sebanyak 30 orang siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran Crossword Puzzle diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,28 dengan kategori kurang dan persentase ketercapaian klasikal mencapai 60%. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran Crossword Puzzle mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Perolehan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,46 pada rentang < 70 dengan kategori kurang dan persentase ketercapaian klasikal mencapai 56%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 81,73 pada rentang 80-89 dengan kategori tinggi dengan persentase ketercapaian klasikal mencapai 87%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle pada mata pelajaran Fikih dapat membantu siswa untuk belajar lebih efektif dan fokus mengikuti pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle; hasil belajar; Madrasah Ibtidaiyah; mata pelajaran Fikih.
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dedeh Herawati -
Date Deposited: 16 Oct 2018 09:06
Last Modified: 16 Oct 2018 09:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13606

Actions (login required)

View Item View Item