Penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi listrik statis: penelitian pre-experiment dikelas IX E MTs Hidayatul Islamiyah Karawang

Aminatuzzuhriyah, Mia (2015) Penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi listrik statis: penelitian pre-experiment dikelas IX E MTs Hidayatul Islamiyah Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.Cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Pembelajaran IPA terutama Fisika seharusnya dilaksanakan dengan siswa yang aktif pada proses pembelajaran agar hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotornya dapat berkembang dengan baik. Memiliki pengetahuan awal sangatlah penting agar menjadikan siswa berani mengeluarkan pendapatnya. Salah satu alternatif model yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA terutama fisika adalah learning cycle 7E. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Tujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran learning cycle 7E, seberapa signifikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi listrik statis, seberapa signifikan peningkatan hasil belajar afektif siswa pada materi listrik statis dan seberapa signifikan peningkatan hasil belajar psikomotor siswa pada materi listrik statis. Subjek penelitian ini adalah kelas IX E MTs Hidayatul Islamiyah Karawang yang berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar kognitif, lembar observasi psikomotor dan angket sikap. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi listrik statis berkategori baik dengan presentase keterlaksanaan 72,6% dan berkategori sangat baik dengan presentase kerterlaksanaan 82,3% dan 81,1%. 2) hasil belajar kognitif siswa pada materi listrik statis setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle 7E mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini ditunjukkan pada hasil uji “Wilcoxon Match Pairs Test” dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh hasil Zhitung (5,37) > Ztabel (1,64), besarnya peningkatan hasil belajar kognitif dapat dilihat dari rata-rata N-Gain sebesar 0,67 berkategori sedang. 3) hasil belajar aspek afektif siswa pada materi listrik statis setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle 7E mengalami peningkatan dengan rata-rata 83,8% interpretasinya baik sekali. 4) hasil belajar aspek psikomotor siswa pada materi listrik statis setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle 7E mengalami peningkatan dengan rata-rata 83,1% dengan interpretasinya baik sekali. Dengan demikian, model pembelajaran learning cycle 7E dapat dijadikan salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 7E; Hasil Belajar; Listrik Statis;
Subjects: Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 05:12
Last Modified: 02 Nov 2018 05:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item