Pandangan organisasi wartawan tentang peliputan kampanye pilpres yang bertanggung jawab sosial: Studi Deskriptif pada AJI Bandung

Hamid, Abdul (2018) Pandangan organisasi wartawan tentang peliputan kampanye pilpres yang bertanggung jawab sosial: Studi Deskriptif pada AJI Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Organisasi wartawan adalah lembaga yang memiliki mandat untuk mendukung dalam memelihara dan menjaga kemerdekaan pers. Sementara itu, pers memiliki tanggung jawab sosial dalam aktivitas jurnalistiknya, sebagaimana termaktub dalam UU Pers No. 40 Tahun 1999. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap padangan AJI Bandung tentang peliputan kampanye pilpres yang bertanggung jawab sosial untuk mengadapi pilpres 2019. Landasan konseptual yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tanggung jawab sosial pers Theodore Peterson. Teori tersebut merumuskan tanggung jawab sosial pers ke dalam empat hal, yakni peliputan yang objektif, representatif, edukatif, dan tugas pers yang mesti memenuhi kebutuhan berita masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yakni pendekatan yang langkahnya bermula dari penyusunan kategori-kategori yang sesuai dengan kualifikasi yang ada. Setelah itu kategori yang tersusun tersebut dihubungkan dengan satu yang lainnya sehingga membentuk tipologi yang berhubungan dengan pemikiran yang teliti. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: peliputan kampanye pilpres yang objektif menurut padangan AJI Bandung ialah yang berterus terang, memisahkan editorial dengan berita, mengkritisi tiap program kerja kandidat, setiap isu peliputan mesti menyangkut kepentingan publik, dan peliputan yang mengkontraskan isu dengan kondisi di lapangan. Peliputan kampanye pilpres yang representatif menurut pandangan AJI Bandung adalah peliputan yang menggali kondisi objektif isu peliputan tersebut dengan alur kerja data-driven journalism. Peliputan kampanye pilpres yang edukatif menurut AJI Bandung ialah yang memuat nilai-nilai berdemokrasi, dan tidak meliput isu kontroversial yang tak kontekstual. Dan lembaga yang mengemban mandat untuk memenuhi kebutuhan berita masyarakat, menurut AJI Bandung pers mesti menyebarkan berita mengenai isu yang penting diketahui masyarakat. Di antaranya adalah profil kandidat, visi dan misi kandidat, program kerja kandidat, peraturan kampanye pilpres, pihak yang terlibat dalam tim sukses kadidat, dana kampanye, dan aspirasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Organisasi Wartawan; Peliputan; Kampanye; Pemilihan Presiden; Tanggung Jawab Sosial
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Political Process > Political Campaigns
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Abdul Hamid
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:34
Last Modified: 13 Sep 2018 04:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item View Item