Motivasi siswa dalam penerapan metode card sort hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan mufrodat: penelitian di MI Al-Mishbah Cibiru Bandung Kelas V MI

Habibah, Rita Siti (2013) Motivasi siswa dalam penerapan metode card sort hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan mufrodat: penelitian di MI Al-Mishbah Cibiru Bandung Kelas V MI. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK skripsi Rita.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari timbulnya kesenjangan antara motivasi siswa dalam penerapan metode Card Sort dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan Studi pendahuluan di MI Al-Misbah Cibiru Bandung melalui wawancara dengan guru diperoleh bahwa setiap selesai proses belajar mengajar guru selalu memberi motivasi agar siswa mampu belajar mandiri untuk mencapai hasil yang memuaskan. Namun pada kenyataannya hasil belajar siswa masih berstandar cukup dan belum memenuhi nilai yang tinggi, hal itu dapat dilihat dari cara mereka mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya, masih ada siswa yang bekerja sama dengan siswa yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas motivasi siswa dalam penerapan metode Card Sort, realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab dan realitas hubungan antara motivasi siswa dalam penerapan metode Card Sort dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan Mufrodat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Card Sort. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi yang diteliti yaitu 45 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan observasi.analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Realitas motivasi siswa dalam penerapan metode Card Sort berkualifikasi cukup. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata 3,27 yang berada pada interval 2,5-3,5. (2) Realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab termasuk ke dalam kategori baik. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata 73,05 yang berada pada interval 70-79. (3) Hubungan motivasi siswa kelas V dalam penerapan metode Card Sort dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan Mufrodat berkolerasi tinggi. Hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi 0,60 yang berada pada skala korelasi 0,60-0,69. Hasil uji hipotesis menunjukan hasil thitung sebesar 4,92 lebih besar dari ttabel 1,66. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya hubungan antara kedua variabel diterima, dengan kadar pengaruh sebesar 20%. Hal ini berarti masih ada faktor lain sebesar 80% yang turut mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan Mufrodat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: card sort; mufrodat; MI Al-Misbah
Subjects: Arabic
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:33
Last Modified: 17 Sep 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item