Pengaruh eksistensi permainan tradisional terhadap sistem sosial masyarakat: studi di Kampung Paledang Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Robiah, Lulu Siti (2018) Pengaruh eksistensi permainan tradisional terhadap sistem sosial masyarakat: studi di Kampung Paledang Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan pada Eksistensi Permainan Tradisional yang mulai menghilang di kalangan masyarakat. Tanpa disadari bahwa kemajuan teknologi semakin pesat dan perkembangannya bersifat revolusioner yang mengubah hal-hal yang seharusnya dilestarikan menjadi terabaikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan dalam melihat Permainan Tradisional yang masih di aplikasikan oleh masyarakat Kampung Paledang, sehingga ada pengaruh terhadap Sistem Sosial Masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Sistem Sosial menurut Talcott Parsons yang pada hakikatnya sosiologi yang mempelajari manusia dalam kehidupan kelompoknya atau dalam kehidupan sosialnya, sehingga dengan mempelajari kehidupan maupun interaksi sosial berarti mempelajari sistem sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu metode yang menjelaskan nilai suatu variabel dengan mengolah data-data yang ada kedalam suatu angka. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang ada di Kampung Paledang yang berjumlah 100, sehingga untuk sampel yang diambil berjumlah 50. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sekala likert, dan dalam teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik Wawancara, Observasi, Angket, Dokumentasi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian yang dilakukan penulis dengan cara melihat langsung kegiatan yang dilakukan pada obyek penelitian dengan mencatat,menganalisis, menyimpulkan serta mengggunakannya sebagai bahan penyusunan skripsi ini. Hasil penelitian ini Permainan Tradisional di Kampung Paledang dalam kriteria pencapaian variabel dengan jumlah 86,4% yang terletak pada rentang 81%-100% berada pada kategori sangat baik dan mempunyai Pengaruh di Kampung Paledang, untuk Sistem Sosial Masyarakat dalam kriteria pencapaian variabel dengan jumlah 84,7% yang terletak pada rentang 81%-100% berada pada kategori sangat baik sehingga memiliki pengaruh di Kampung Paledang, selanjutnya dari persamaan regresi dapat menghasilkan persamaan Y=23,548+0,299x dan nilai koefisien regresinya bernilai (+) dari persamaan tersebut dapat dilihat bahwa variabel Permainan Tradisional berpengaruh Positif terhadap Sistem Sosial Masyarakat. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan membanding nilai signifikansi 0,05 yang diketahui nilai signifikansi tersebut sebesar 0,007 lebih kecil dari< probabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh permainan tradisional terhadap Sistem Sosial Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ontology
Indoor Game and Amusements > Games of Action
Indoor Game and Amusements > Games not Characterized by Action
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lulu Siti Robiah
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:03
Last Modified: 18 Sep 2018 08:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13665

Actions (login required)

View Item View Item