Strategi PT. Holcim Indonesia, Tbk dalam implementasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) dalam pemberdayaan masyarakat Islam: analisis deskriptif terhadap pelaksanaan program segitiga emas dari lima pillars sustainable development di PT. Holcim Indonesia, Tbk masyarakat muslim jalan narogong Km. 7 Dusun Narogong Desa Kembang Kuning Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor

Hastuti, Nuning Widya (2018) Strategi PT. Holcim Indonesia, Tbk dalam implementasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) dalam pemberdayaan masyarakat Islam: analisis deskriptif terhadap pelaksanaan program segitiga emas dari lima pillars sustainable development di PT. Holcim Indonesia, Tbk masyarakat muslim jalan narogong Km. 7 Dusun Narogong Desa Kembang Kuning Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahansosial dapat dipecahkan diantaranya dengan kebijakan sosial, pemberdayaan masyarakat dan CSR (Corporate Social Responsibility). CSR dilakukan dengan stakeholder perusahaan.Perusahaan PT. Holcim Indonesia, Tbk adalah pabrik semen terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki beberapa departemen dan visi misi yang berbeda-beda di setiap departemennya. Untuk mewujudkan rasa kepedulian perusahaan kepada masyarakat disekitarnya PT. Holcim mempunyai departemen ComRel (Community Relations) untuk mengimplementasikan dana CSR sesuai peraturan regulasi pasal 74 dan triple bottom lines sebagai mitra pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan, berdaya dan mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi dan program yang dibuat oleh PT. Holcim Indonesia, Tbk dalam memberdayakan masyarakat Islam. Kemudian untuk mengetahui implementasi dana CSR PT. Holcim Indonesia, Tbk, dan untuk mengetahui hasil dari impelementasi dana CSR dari PT. Holcim Indonesia, Tbk untuk masyarakat Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan dengan tafsir atau interpretasi logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah teori pemberdayaan masyarakat menurut Widjaja (2003:169)diatas juga ditambah dengan konsep-konsep yang berkaitan dengan pemberdayaan yang diartikan sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki masyarakat, sehingga masyarakat dapat mewujudkan jati diri, harkat dan martabatnya secara maksimal untuk bertahan dan mengembangkan diri secara mandiri baik di bidang ekonomi, sosial, agama dan budaya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi dan program PT. Holcim Indonesia, Tbk melakukan 5 pilar dalam memberdayakan masyarakat Islam diantaranya ekonomi, lingkungan, pendidikan dan latihan, sosial dan infrastruktur. (2) Implementasi penyaluran dana CSR dengan mengikuti prosedur diantaranya pemetaan sosial, mengadakan media komunikasi masyarakat secara transparansi,anggaran tahunan, membuat perprogram sesuai pengajuan dari setiap desa,implementasi program danMonitoring and Evalution. (3) Hasil implementasi dan CSR PT. Holcim Indonesia, Tbk masyarakat menyatakan kepuasan sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam meluapkan segala aspirasi dan mampu berkompetisi, tingginya kesadaran masyarakat dalam mewujudkan desa ekonomi berwawasan lingkungan. Dengan demikian dapat disimpulkan Strategi PT. Holcim Indonesia, Tbk dalam Implementasi Dana CSR dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui program-program CSRberhasil dilakukan, dan memberikan dampak yang bisa dirasakan masyarakat sekitarnya terutama dalam keberdayaan hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CSR; Perkembangan masyarakat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: nuning widya hastuti
Date Deposited: 14 Sep 2018 06:39
Last Modified: 14 Sep 2018 06:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13687

Actions (login required)

View Item View Item