Layanan bimbingan dan konseling untuk keberhasilan belajar siswa: penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Pacet kelas Xi Jl Cipendawa Pacet Cianjur

Widiarti, Astri Sakinah (2018) Layanan bimbingan dan konseling untuk keberhasilan belajar siswa: penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Pacet kelas Xi Jl Cipendawa Pacet Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunang Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrax.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu (siswa) agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik. Siswa adalah organism yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap perkembanganya. Fenomen yang terjadi ditemukan siswa yang tidak peduli dengan tugas dan kewajibannya sebagai pelajar. Sekolah dianggap hanya sebagai tempat formal untuk mendapatkan pengakuan legal berupa ijazah. Kewajiban sebagai seorang pelajar tidak dijalani dengan sungguh-sungguh, seperti membolos, tidak mengerjakan tugas, tidak memperhatikan saat pelajaran berlangsung, dll. Maka diperlukan layanan bimbingan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program yang dilakukan BK untuk meningkatkan belajar siswa kelas XI MAN Pacet, mengetahui proses pelaksanaan BK untuk keberhasilan belajar siswa kelas XI MAN Pacet, mengetahui hasil yang diperoleh dari proses BK untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa kelas XI MAN Pacet. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pada dasarnya kegiatan bimbingan dan konseling bersifat timbal balik antar guru BK dengan siswa untuk tercapainya program BK untuk keberhasilan belajar siswa, siswa yang memiliki kemampuan belajar yang tinggi dapat terlihat dari kemampuan belajar siswa, prestasi belajar dan bagaimana cara siswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian secara mendalam. Hal ini dimaksudkan untuk menggambarkan, memaparkan dan menjelaskan data-data informasi tentang layanan bimbingan dan konseling untuk keberhasilan belajar siswa kelas XI MAN Pacet. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa kegiatan layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Pacet berhasil meningkatkan keberhasilan belajar siswa, dengan rata-rata persentase 76-100%. Setelah mengikuti kegiatan layanan bimbingan dan konseling ini, siswa mengalami perubahan, baik dari segi kemampuan belajar, prestasi belajar dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Analisis dari data tersebut, maka layanan bimbingan konseling bagi keberhasilan belajar siswa sangat berpengaruh dan dikatakan berhasil dengan presentase tinggi. Dikaitkan dengan salah satu teori dari yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya mengenai aspek-aspek keberhasilan belajar siswa. Ketika seseorang memiliki kualitas belajar yang lebih baik maka orang atau siswa tersebut akan mampu menjalani dan menangani berbagai hambatan yang akan dia hadapi seperti mampu bersaing dengan teman sekelasnya untuk mempertahankan prestasi yang telah ia raih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan; Bimbingan; Konseling; Keberhasilan Belajar;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Astri Sakinah Widiarti
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:12
Last Modified: 17 Sep 2018 04:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13766

Actions (login required)

View Item View Item