Penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan adaptasi hewan dengan lingkungannya: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V-B MI Miftahul Falah Kota Bandung

Nurhayati, Teti (2015) Penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan adaptasi hewan dengan lingkungannya: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V-B MI Miftahul Falah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terjadi di kelas V B MI Miftahul Falah Kota Bandung, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) guru selalu menggunakan metode yang tradisional dan monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga pembelajaran bersifat membosankan. Hal ini menjadikan siswa memiliki hasil belajar kognitif yang rendah, yaitu di bawah standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah, yaitu 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan “Adaptasi Hewan dengan Lingkungannya” sebelum menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division), (2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division), (3) Hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division). Menurut Slavin (2007) sebagaimana yang dikutip oleh Rusman (2011:213-214) bahwa metode STAD merupakan variasi pembelajaran kooperatif yang paling banyak diteliti. Metode ini juga sangat mudah diadaptasi, telah digunakan dalam pembelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Teknik dan banyak subjek lainnya, serta pada tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi dan hasilnya baik. Lebih jauh Slavin memaparkan bahwa: “Gagasan utama dibelakang STAD adalah memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan oleh guru”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu pra siklus, Siklus I tindakan 1, siklus I tindakan 2, siklus II tindakan 1, dan siklus II tindakan 2. Objek penelitian adalah 25 orang siswa-siswi kelas V B MI Miftahul Falah Kota Bandung. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi siswa dan guru, dan tes tulis pada setiap akhir siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (a) hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus mendapat persentase 48%, nilai rata-rata seluruh siswa mencapai 64,4 dengan kriteria sangat kurang. (2) proses pembelajaran dengan menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 60% dengan kriteria sedang, sedangkan aktivitas guru sebesar 77% dengan kriteria baik. Ativitas siswa pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 85% dengan kriteria baik, sedangkan aktivitas guru sebesar 95% dengan kriteria sangat baik (3) hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada siklus I diperoleh 88%, nilai rata-rata seluruh siswa mencapai 81,6 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang. Siklus II diperoleh 92%, nilai rata-rata seluruh siswa mencapai 92 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STAD; adaptasi; kognitif; IPA; hewan
Subjects: Education > Sociology of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:07
Last Modified: 17 Sep 2018 07:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13776

Actions (login required)

View Item View Item