Tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi Syamil dan Dodo hubungannya dengan akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari: penelitian di SMP Al-Islam Cilengkrang I, Cisurupan Kota Bandung

Nurfitri, Nurfitri (2015) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi Syamil dan Dodo hubungannya dengan akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari: penelitian di SMP Al-Islam Cilengkrang I, Cisurupan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.Cover Skripsi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMP Al-Islam Cilengkrang kelas VII, tanggapan siswa terhadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo baik, hal ini terlihat dari sikap siswa saat melihat tayangan animasi Syamil dan Dodo, namun pada kenyataannya akhlak sehari-hari mereka kurang baik, hal ini dilihat dari cara berbicara mereka yang kasar dan kurang sopan baik kepada teman maupun guru, serta membuang sampah sembarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa kelas VII terhadap penggunaan media animasi Syamil dan Dodo, realitas akhlak sehari-hari siswa dan realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi Syamil dan Dodo dengan akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa akhlak sehari-hari siswa dapat dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo. Sejalan dengan hal itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin baik tanggapan siswa terhadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo maka semakin baik pula akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari, sebaliknya semakin rendah tanggapan siswa tehadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo maka semakin rendah pula akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpul datanya menggunakan angket sebagai teknik inti, serta observasi dan wawancara sebagai teknik pendukung. Penyebaran angket ini dilakukan pada 50 orang siswa kelas VII SMP Al-Islam Cilengkrang. Pengolahan data menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan media film animasi Syamil dan Dodo menerima dengan perolehan rata-rata sebesar 3,86 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan kualifikasi sangat tinggi dengan perolehan rata-rata sebesar 4,51 yang berada pada interval 4,20 – 5,00. Hasil analisis kedua variabel diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,42 yang termasuk kategori korelasi cukup/sedang yang berada pada interval 0,40 – 0,599. Dari hasil pengujian hipotesis nol (Ho) ditolak karena diperoleh harga thitung = 3,20 dan ttabel = 1,68. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media animasi film Syamil dan Dodo dengan akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Animasi; Syamil dan Dodo; Akhlaq; SMP Al-Islam Cilengkrang I;
Subjects: Education > Psychology of Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 05:02
Last Modified: 02 Nov 2018 05:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item