Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup: penelitian terhadap kelas VII MTs Darul Ulum PUI Talaga Kabupaten Majalengka

Yasin, Endang (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup: penelitian terhadap kelas VII MTs Darul Ulum PUI Talaga Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI ( IV-VI ).pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTs Darul Ulum PUI Talaga, nilai rata-rata IPA Terpadu pada materi keankaragaman makhluk hidup adalah 56,9. Sedangkan KKM yang berlaku di sekolah ini adalah 60. Dari 28 siswa hanya 2 siswa yang tidak ikut remedial dan 26 siswa lainnya mengikuti remedial. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar belum optimal karena di bawah nilai KKM yaitu 56,9. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Division. Berdasarkan kerangka pemikiran diterangkan bahwa hasil belajar siswa yang diukur adalah kemampuan komunikasi siswa secara tertulis meliputi keterampilan menyajikan ide, gagasan, informasi, yang didapatkan kedalam grafiki, tabel, bagan dan gambar. model pembelajaran kooperatif teknik STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari: tahap penyajian materi, tahap kegiatan kelompok, tahap tes individual, tahap penghitungan skor, perkembangan individu dan tahap pemberian penghargaan kelompok. Penelitiam ini dilakukan di MTS Darul Ulum PUI Talaga, Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan sampel 2 kelas yaitu, kelas eksperimen yang menggunakan model pembalajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan Model kooperatif tipe STAD. Cara pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan datanya melalui tes dan angket. Data diperoleh perhitunganh statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Hipotesis. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu, rata-rata kemampuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah rata-rata nilai posttest yaitu 70,7 dengan kategori sedang, dengan Gain 39,7. Sedangkan rata-rata kemampuan hasil belajar pada kelas kontrol adalah rata-rata nilai posttest yaitu 61,3 dengan kategori cukup, dengan Gain 30,7. Respon atau tanggapan siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata 4,2 dengan kategori tinggi dan yang tanpa menggunkana model kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata 3,0 dengan kategori sedang. Hal ini didukung oleh rata-rata aktivitas siswa dan kinerja guru pada proses pembelajaran dikelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik. Berdasarkan perhitungan hipotesis diperoleh Zhitung 2,67 > Ztabel 1,64, yang berarti Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berpengaruh Positif Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STAND; Kooperatif; Keanekaragaman; siswa;
Subjects: Biology
Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 06:23
Last Modified: 02 Nov 2018 06:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13866

Actions (login required)

View Item View Item