Pengaruh aktivitas remaja dalam pengajian terhadap etika bergaul di masyarakat: penelitian di Rw. 09 dan Rw. 12 Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul Garut

Jannah, Marwah Washilatul (2018) Pengaruh aktivitas remaja dalam pengajian terhadap etika bergaul di masyarakat: penelitian di Rw. 09 dan Rw. 12 Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di di Rw. 09 dan Rw. 12 Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul Garut, bahwa di Desa tersebut melaksanakan kegiatan pengajian remaja masjid dengan harapan sebagai pembinaan terhadap etika atau akhlak para remaja dalam bermasyarakat, akan tetapi di sisi lain, aktivitas remaja dalam mengikuti pengajian remaja masjid tidak berdampak pada etika remaja di masyarakat. Hal ini terlihat dari sebagian remaja masih ada yang berprilaku tidak sesuai aturan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Realitias aktivitas remaja dalam pengajian, (2) Realitas etika bergaul remaja di masyarakat, (3) Realitas hubungan aktivitas remaja dalam pengajian dengan etika bergaul di masyarakat Rw. 09 dan Rw. 12 Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul Garut. Penelitian ini diasumsikan bahwa aktivitas remaja dalam pengajian memiliki keterkaitan dengan etika bergaul remaja di masyarakat. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin positif remaja mengikuti kegiatan pengajian, maka akan semakin baik etika remaja dalam bermasyarakat dan sebaliknya. Untuk menguji hipotesis diatas diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah pendekatan statistik korelasional, penyebaran angket ditujukan kepada 50 orang responden sebagai sampel total. Dari hasil pengolahan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Realitas aktivitas remaja dalam pengajian termasuk pada kategori tinggi (Skor 3,93), (2) Realitas etika bergaul di masyarakat termasuk pada kategori tinggi (Skor 4,21), dan (3) Realitas hubungan antara keduanya adalah (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori sangat tinggi (0,99); (b) Hipotesisnya diterima thitung (142,41) lebih besar dari ttabel (1,96); (c) Sementara itu kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 86% . Hal ini menunjukkan bahwa 86% etika bergaul remaja di masyarakat dipengaruhi oleh aktivitas remaja dalam pengajian. Dengan demikian masih terdapat 14% lagi faktor lain yang mempengaruhi etika bergaul di masyarakat Rt.01 dan Rw. 09 Desa Jayaraga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Remaja; Etika;
Subjects: Ethics of Social Relations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marwah Washilatul Jannah
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:14
Last Modified: 30 Oct 2018 04:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13873

Actions (login required)

View Item View Item