Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham: studi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016

Suherman, Dicky (2018) Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham: studi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (889kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Harga saham suatu perusahaan mencerminkan nilai perusahaan di mata masyarakat, harga yang terlalu rendah sering kali diartikan bahwa kinerja perusahaan kurang baik, namun bila harga saham terlalu tinggi mengurangi kemampuan investor untuk membeli sehingga harga saham akan sulit untuk meningkat lagi. Naik turunnya harga saham dapat dilihat dari rasio keuangan, rasio keuangan merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menghitung dan menganalisis data keuangan guna mengukur kinerja perusahaan. Semakin baik kinerja perusahaan yang diukur dengan rasio keuangan, maka semakin tinggi pula harga sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Pada perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Periode 2012-2016. Data yang diguakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh secara historis dalam laporan keuangan, annual report dan ICMD, yang dipubliksikan oleh perusahaan dan Bursa Efek Indonesia. Adapun variabel inependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return On Asset (ROA) dan Debt To Equity Ratio (DER), sedangkan variabel dipenden yaitu Harga Saham. Penelitian ini menggunakan metode data panel. Variabel independen yaitu Return On Asset (ROA) sebagai X1 dan Debt To Equity Ratio (DER) sebagai X2. Dan yang menjadi variabel dependennya adalah Harga Saham, dan penelitian ini menggunakan metode analisa fixed effect method, random effect method, uji hausman, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial pada tingkat kepercayaan 95% ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Kemudian variabel DER secara parsial tidak menunjukkan pengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Hasil kedua variabel independen secara simultan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap harga saham. Kemudian hasil koefisien determinasi (R2) hasilnya adalah 0,099791 atau 9,97%, artinya bahwa variabel independen secara simultan hanya bisa menjelaskan variabel dependen sebesar 9,97%, sedangkan 90,3% diijelaskan oleh variabel yangtidak dibahas dalam penelitian ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan antar variabel dikatakan sangat lemah (0 – 19,99%)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA); Debt To Equity Ratio (DER); Harga Saham
Subjects: Econmics
Mineralogy
Accounting
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dicky Suherman
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:18
Last Modified: 19 Sep 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item