Proses imitasi anak terhadap orang tua buruh pabrik dalam memilih pekerjaan: kasus di Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk

Hastuty, Novia Tri (2018) Proses imitasi anak terhadap orang tua buruh pabrik dalam memilih pekerjaan: kasus di Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses peniruan yang dilakukan anak terhadap orang tua dalam memilih pekerjaan. Hal ini terjadi karena industri telah membawa pengaruh bagi masyarakat untuk memilih bekerja daripada melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses peniruan yang diikuti anak terhadap orang tua buruh pabrik dalam memilih pekerjaan. 2) faktor pendorong anak meniru orang tua buruh pabrik dalam memilih pekerjaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori imitasi Gabriel Tarde, yang mengatakan bahwa imitasi adalah suatu proses untuk melakukan tindakan atau aksi seperti yang dilakukan oleh model dengan melibatkan indera sebagai penerima rangsang dan pemasangan kemampuan persepsi untuk mengolah informasi dari rangsang dengan kemampuan aksi untuk melakukan gerakan motorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Tempat penelitian yaitu di Desa Langonsari Kecamatan Pameungeuk Kabupaten Bandung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peniruan anak terhadap orang tua dalam memilih pekerjaan di Desa Langonsari, 1) proses peniruan yang diikuti anak terjadi dalam beberapa proses yaitu proses psikologis yang terdiri dari proses perhatian, proses ingatan, proses reproduksi dan motivasi. Proses tersebut menjelaskan tahapan-tahapan yang dilakukan anak dalam meniru orang tuanya sehingga mereka memilih pekerjaan sebagai buruh pabrik. Selain itu, lingkungan keluarga dan interaksi dengan teman sebayapun menjadi bagian dari proses peniruan tersebut. 2) faktor pendorong anak meniru orang tua buruh pabrik dalam memilih pekerjaan karena rendahnya tingkat perekonomian keluarga, motivasi yang berorientasi kerja sehingga dalam diri anak tidak tertanam semangat dan tekad yang kuat untuk melanjutkan pendidikan, serta tingginya tingkat penawaran dan permintaan tenaga kerja dari suatu perusahaan yang mendorong masyarakat untuk memilih bekerja setelah lulus SMP/SMA sederajat dibandingkan melanjutkan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Imitasi; interaksi sosial; buruh pabrik; pekerjaan
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: NOVIA TRI NOVIA TRI HASTUTY
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:16
Last Modified: 19 Sep 2018 04:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item View Item