Penyelesaian wanprestasi pada bisnis keperantaraan di agen jasa pemasaran unik property Bandung dalam persfektif hukum ekonomi Syariah

Nurbadriah, Siti (2018) Penyelesaian wanprestasi pada bisnis keperantaraan di agen jasa pemasaran unik property Bandung dalam persfektif hukum ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan wanprestasi sering terjadi di dalam suatu perjanjian, sehingga pihak yang berakad perlu melakukan penyelesaiannya secara bijaksana agar tercipta kemaslahatan diantara kedua belah pihak. Perjanjian dalam akad keperantaraan adalah suatu perjanjian yang menimbulkan hak bagi perantara (wasiṭh) untuk memperoleh keuntungan (al-ribh) atau upah (ujrah) yang diketahui (ma’lum) dari apa yang telah ia kerjakan. Begitupula yang terjadi di agen jasa pemasaran Unik Property Bandung, yang mana owner yang telah dibantu memasarkan properti miliknya senyatanya tidak memberikan komisi seperti yang tedapat dalam perjanjian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) mengetahui akad apa yang tepat dalam aplikasi akad keperantaraan dengan ditinjau dari fatwa Nomor 93/DSN-MUI/IV/2014 2) Cara penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh Unik Property Bandung 3) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penyelesaian wanprestasi dalam bisnis properti pada agen jasa pemasaran Unik Property Bandung. Penelitian ini didasarkan kepada pemikiran bahwa setiap perjanjian harus ditepati oleh para pihak, apabila terjadi ingkar janji (wanprestasi) maka harus diselesaikan melalui dua jalur alternatif yakni litigasi atau non litigasi, hal ini terdapat dalam fatwa Nomor 93/DSN-MUI/IV/2014 pada ketentuan ketujuh disebutkan “jika salah satu pihak tidak menunaikan kewajibannya atau jika terjadi perselisihan diantara pihak, maka penyelesaiannya dialakukan melalui lembaga penyelesaian sengketa berdasarkan syariah setelah tidak tercapai kesepakatan melalui musyawarah”. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analisis yaitu suatu metode yang bertujuan membuat skripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif ialah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat dan gambar. Sumber data primer didapat dari perusahaan agen jasa pemasaran Unik Property, sedangkan data sekunder didapar dari buku-buku, jurnal yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta melakukan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akad yang tepat pada aplikasi akad keperantaraan di Unik Property Bandung ditinjau melalui fatwa Nomor 93/DSN-MUI/IV/2014 adalah menggunakan akad ju’alah. Penyelesaian yang dilakukan oleh Unik Property Bandung dalam kasus ini ialah dengan cara melakukan musyawarah ketika dalam waktu dua minggu penjual tidak memberikan komisi agar salahsatunya tidak dirugikan, apabila tidak tercapai kesepakatan maka pihak Unik Property melakukan pelaporan ke kepolisian sehingga hal ini tidak sesuai dengan hukum penyelesaian sengketa syariah dalam bisnis yang seharusnya diselesaikan di Pengadilang Agama/Basyarnas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi; Bisnis Keperantaraan; Agen jasa Pemasaran; Unik property Bandung;
Subjects: Private Law > Contracts
Private Law > Commercial Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Siti Nurbadriah
Date Deposited: 24 Sep 2018 06:22
Last Modified: 06 Jul 2019 10:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14014

Actions (login required)

View Item View Item