Kesulitan siswa dalam membaca tulis Al-Quran hubungnnya dengan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI: penelitian di kelas VIII F SMPN 08 Kota Bandung

Burhanudin, Ahmad (2015) Kesulitan siswa dalam membaca tulis Al-Quran hubungnnya dengan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI: penelitian di kelas VIII F SMPN 08 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB 1 asli.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II asli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III asli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV asli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAK1 asli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dari adanya kesenjangan tentang tanggapan siswa terhadap kesulitan dalam baca tulis Al-quran dengan motivasi mereka. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, kenyataanya masih banyak siswa yang kurang dalam baca tulis Al-quran seperti belum fasih dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan kurang menguasai ilmu tajwid padahal antusias siswa dalam mengikuti pelajaran PAI cukup tinggi bila dilihat dari segi kehadirannya dan siswa juga merespon baik pelatihan pelatihan khusus bagi siswa yang kurang dalam baca tulis Al-qurannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan kesulitan siswa dalam baca tulis Al-quran; 2) Realitas motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI; 3) realitas hubungan kesulitan dalam baca tulis Al-quran dengan motivasi mereka mengikuti pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa motivasi siswa adalah sebagai suatu proses yang menentukan tingkatan kegiatan, intensitas, konsistensi serta arah umum dari tingkah laku manusia. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tingkat kesulitan siswa dalam membaca tulis AL-Quran maka semakin rendah motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI Penelitian ini bersifat empirik dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Adapun sampel yang diteliti yaitu 35 siswa sebagai responden. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap kesulitan dalam baca tulis Al-quran termasuk kualifikasi kategori cukup/sedang. Hal tersebut berdasarkan angka rata-rata sebesar 3,05 yang berada pada interval 2,60 – 3,39. 2) Realitas motivasi mereka baik/tinggi. Hal tersebut berdasarkan angka rata-rata sebesar 3,93 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.. 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap kesulitan dalam baca tulis Al-quran dengan motivasi mereka mengikuti pelajaran PAI di sekolah adalah sebagai berikut: a) Koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut termasuk pada korelasi sedang. Hal tersebut dikarenakan skor sebesar 0,59 pada skala korelasi antara 0,41 – 0,60. b) Hipotesisnya diterima. Hal tersebut berdasarkan thitung (4,36) dan ttabel (1,694). c) Besarnya pengaruh variabel x terhadap variabel y diketahui sebesar 34%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Al-Quran; PAI; Motivasi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:25
Last Modified: 27 Sep 2018 02:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item