Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode team teaching pada mata pelajaran PAI materi konsep Iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT: penelitian tindakan kelas siswa kelas VII SMP Al-Islam Bandung

Nurjanah, Nurjanah (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode team teaching pada mata pelajaran PAI materi konsep Iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT: penelitian tindakan kelas siswa kelas VII SMP Al-Islam Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK baru.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Berdasarkan study pendahuluan terhadap 33 siswa di lokasi penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa pada materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt 61,81. Hasil belajar tersebut masih di bawah KKM yaitu 70, maka dari itu perlu dilakukan peningkatan hasil belajar, pengguna metode team teaching diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa kelas VII B materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt sebelum menggunakan metode team teaching di SMP Al-Islam Bandung. (2) Gambaran proses belajar siswa kelas VII B materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah swt menggunakan metode team teaching di SMP Al-Islam Bandung. (3) hasil belajar siswa kelas VII B materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt setelah menggunakan metode team teaching di SMP Al-Islam Bandung. Penggunaan metode team teaching diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar pada materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt karena metode team teaching memiliki kelebihan perhatian siswa lebih dipusatkan, proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari, pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa. Penelitian tindakan kelas ini pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes hasil belajar. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas VII B di SMP Al-Islam Bandung dan menggunakan tiga siklus. Tahapan PTK yang dilakukan pada tiap siklus perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setelah dianalisis maka dapatlah disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar siswa kelas VII B materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt sebelum menggunakan metode team teaching di SMP Al-Islam Bandung adalah tergolong rendah, yakni hanya 61,81 (rata-rata nilai awal) di bawah KKM (70). (2) Gambaran proses belajar siswa kelas VII B materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt menggunakan metode team teaching di SMP Al-Islam Bandung adalah proses melatih siswa mengekspresikan kemampuannya dalam belajar. Guru menggunakan metode team teaching di mulai dengan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup (3) Hasil belajar siswa kelas VII B materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt setelah menggunakan metode team teaching di SMP Al-Islam Bandung. Dengan penerapan metode team teaching dapat meningkatkan pemahaman siswa materi konsep iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, pada siklus mengalami peningkatan yakni siklus I dengan nilai rata-rata 72,42 siklus II 78,18 dan siklus III 86,36 sudah di atas KKM, maka siklus ini sudah selesai mencapai peningkatan pada bidang studi PAI terbukti adanya perubahan hasil belajar siswa dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Team Teaching; Iman; Malaikat-malaikat; Allah SWT;
Subjects: Islam > Islam and Other Belief
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 06:39
Last Modified: 02 Nov 2018 06:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14083

Actions (login required)

View Item View Item