Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji melalui metode ceramah plus diskusi dan tugas: PTK di Kelas IV MI Nurul Huda Sukasari Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung

Maurin, Hana (2018) Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji melalui metode ceramah plus diskusi dan tugas: PTK di Kelas IV MI Nurul Huda Sukasari Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yaitu masalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MI Nurul Huda Sukasari Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang hanya berpusat pada guru (teacher center) dan tidak berpusat pada siswa (student center), guru hanya berpusat pada satu buku yang ada, serta tidak terbiasa melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang bersifat monoton, sehingga aktivitas belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan metode ceramah plus diskusi dan tugas; 2) Proses penerapan metode ceramah plus diskusi dan tugas; 3) Aktivitas belajar siswa sesudah diterapkan metode ceramah plus diskusi dan tugas. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor salah satunya penerapan metode yang tepat, termasuk metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas diduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelejaran Akidah Akhlak pokok bahasan Akhlak Terpuji. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui II siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan deskriptif untuk data kualitatif, dan menggunakan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa:1) aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas memperoleh 45,06% (Tidak Baik). 2) Penerapan metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas berjalan baik sesuai dengan tahapannya, aktivitas siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklus. Pada siklus I mencapai 61,40% (Cukup Baik) dan aktivitas guru mencapai 76,47% (baik), kemudian aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus II menjadi 92,21% (Sangat Baik) dan aktivitas guru meningkat menjadi 94,11% dengan kategori (Sangat Baik). 3) Aktivitas belajar siswa sesudah diterapkan metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas mengalami perubahan yang sangat bagus, siswa memperoleh 92,21%, dari data tersebut dapat dilihat peningkatan aktivitas belajar siswa yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Siswa; Ceramah Plus;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hana Maurin El-Yusuf
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:50
Last Modified: 29 Oct 2018 02:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item