Bimbingan kelompok melalui teknik games dan diskusi untuk meningkatkan kepercayaan diri: studi deskriftip di Pondok Yatim Ar-Rahman Desa Jatiendah Bandung

Supandi, Oktariani Tria (2018) Bimbingan kelompok melalui teknik games dan diskusi untuk meningkatkan kepercayaan diri: studi deskriftip di Pondok Yatim Ar-Rahman Desa Jatiendah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja sangatlah penting, karena salah satu kunci utama kesuksesan seseorang adalah ada tidaknya rasa percaya diri terutama pada remaja Pondok Yatim Ar-Rahman. Karena mereka membutuhkan bimbingan melalui teknik games dan diskusi supaya kepercayaan dirinya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bimbingan kelompok melalui teknik games dan diskusi di Pondok Yatim Ar-Rahman, 2) Untuk mengetahui motivasi bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri di Pondok Yatim Ar-Rahman, 3) Untuk mengetahui hasil bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri di Pondok Yatim Ar-Rahman. Penelitian ini bertolak didasarkan pada landasan pemikiran bahwa bimbingan kelompok melalui teknik games dan diskusi untuk meningkatkan kepercayaan diri di Pondok Yatim Ar-Rahman perlu dilakukan. Diadakannya bimbingan kelompok melalui teknik games dan diskusi untuk meningkatkan keprcayaan diri pada remaja agar terciptanya Cinta diri, Pemahaman diri, Tujuan yang jelas, Berfikir positif, Komunikasi, Penampilan diri serta pengendalian perasaan. Dengan cara ini remaja akan lebih meningkatkan kepercayaan pada dirinya sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Pertama, Pembimbing melakukan bimbingan kelompok melalui teknik games yaitu dengan melakukan tiga macam games, seperti games watermelon, estapet karet menggunakan sedotan, dan estapet sejadah. Sedangkan bimbingan kelompok melalui teknik diskusi, digunakan agar materi yang disampaikan bisa dimengerti oleh para remaja. Kedua, Pembimbing memberikan motivasi tentang kepercayaan diri, pembimbing menjelaskan tentang apa itu kepercayaan diri. Agar Remaja di Pondok Yatim Ar-Rahman mempunyai kepercayaan diri yang tinggi agar Remaja Pondok Yatim Ar-Rahman tidak merasa minder (rendah diri). Ketiga, Berdasarkan hasil wawancara pada remaja di Pondok Yatim Ar-Rahman kepercayaan dirinya semakin berkembang ada peningkatan setelah mengikuti bimbingan kelompok melalui teknik games dan diskusi, Remaja Pondok Yatim Ar-Rahman mulai mengemukakan pendapat dengan temanannya serta sudah mulai untuk berani tampil ke depan di hadapan orang-orang banyak dan tidak merasa minder (rendah diri).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Teknik Games & Diskusi; Kepercayaan Diri
Subjects: Philosopy and Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Tria Oktariani Supandi
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:52
Last Modified: 25 Sep 2018 06:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14159

Actions (login required)

View Item View Item