Bimbingan agama melalui teknik clien centred dalam pembentukan kepribadian remaja: study deskriptif di Yayasan Pendidikan Satu Atap As-Solehhiyah Kelas IX Kec. Bojongsoang

Mulyani, Sri (2018) Bimbingan agama melalui teknik clien centred dalam pembentukan kepribadian remaja: study deskriptif di Yayasan Pendidikan Satu Atap As-Solehhiyah Kelas IX Kec. Bojongsoang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Kepribadian merupakan totalitas sifat manusia baik fisik maupun psikis, yang membedakan antara manusia satu dengan yang lainnya, terbentuk karena karena hasil interaksi dengan lingkungannya.ada dua faktor yang sangat mempengaruhi kepribadian, yaitu faktor intern yang berasal dari dirinya sendiri berupa genetik atau pembawaan, selain itu juga terdapat faktor ekstern yang mana berasal dari luar dirinya sendiri seperti keluarga, teman dan lingkungan tempat dirinya tinggal dan bergaul termasuk sekolah. Pada kenyataannya kepribadian remaja di MTs Satu Atap ini dipengaruhi oleh keluarga yang kurang harmonis, dan pergaulan yang tidak baik diluar sekolah yang selanjutnya mereka bawa kesekolah, oleh sebab itu alasan utama pentingnya bimbingan agama melalui teknik clien centred diberikan kepada siswa/i agar mereka dapat memperbaiki kepribadian mereka sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Program Bimbingan Agama Melalui Teknik Clien Centred Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja di kelas IX (b) Proses Bimbingan Agama Melalui Tekhnik Client Centred Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja di kelas IX (c) Hasil Bimbingan Agama Melalui Tekhnik Client Centred Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja di kelas IX. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kejadian atau fakta fenomena, dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan catatan lapangan/dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) program bimbingan agama melalui teknik clien centred yaitu bimbingan agama melalui Shallat dhuha berjamaah, kultum dan shallawat, bimbingan agama yang diintegrasikan dengan rumpun PAI, dan ekstrakrlikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) (b) proses bimbingan agama melalui teknik clien centred dilaksakan melalui pembelajaran rumpun PAI, pembiasaan melalui shallat dhuha berjamaah, kultum dan ekstrakurikurer BTQ (Baca dan Tulis Al-Quran), yang dilaksanakan setiap hari dan satu minggu sekali sesuai dengan jadwal (c) hasil bimbingan agama melalui teknik clien centred dalam pembentukan kepribadian di kelas IX dapat memfasilitasi siswa/i dalam membentuk kepribadian siswa. Hal tersebut diperkuat dengan penafsiran presentase positif dengan interval 76-100% maka kepribadian siswa di MTs As-Solehhiyah termasuk pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Teknik Client Centred; Kepribadian Remaja.
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sri Mulyani
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:33
Last Modified: 24 Sep 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item View Item