Pengaruh ideologi ikhwanul muslimin terhadap penafsiran Sa’id Hawwa dalam tafsir al-Asas fi al-Tafsir: analisis terhadap surat al-Kahfi

Irfani, Fahmi (2015) Pengaruh ideologi ikhwanul muslimin terhadap penafsiran Sa’id Hawwa dalam tafsir al-Asas fi al-Tafsir: analisis terhadap surat al-Kahfi. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.Cover.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Abstract

Gerakan Ikhwanul Muslimin mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kader-kadernya. Sehingga ideologi yang terdapat dalam gerakan inipun dapat melekat dalam jiwa para kadernya. Hal ini terlihat melalui karya-karya mereka mengenai gerakan Ikhwanul Muslimin. Di antara anggota Ikhwanul Muslimin tersebut adalah Sa’id Hawa yang membuat banyak buku-buku tentang Ikhwan, bahkan dalam menyusun kitab al-Asas Fi al- Tafsir pun banyak penafsira dia mengenai Ikhwanul Muslimin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterpengaruhan Sa’id Hawwa oleh ideologi Ikhwanul Muslimin dalam menafsirkan al-Qur’an dalam kitab al-Asas Fi al-Tafsir. Penelitian ini difokuskan pada surat al-Kahfi, karna penulis merasa ada kesamaan antara kisah ashabul kahfi dengan ideologi ikhwanul muslimin yang sama-sama menentang penguasa di negeri itu demi menegakan syari’at islam dan selain itu, sepengetahuan penulis terdapat ideologi penting dari ikhwanul muslimin dalam surat al-Kahfi. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis terhada kitab al-Asas Fi al-Tafsir karya Sa’id Hawwa. Selain itu digunakan buku-buku primer karya Sa’id Hawwa di antaranya Tazkiyyatun Nafsi dan Tarbiyyatuna al-Rūhiyyah. Analisis di lakukan dengan menafsirkan terlebih dahulu ayat-ayat yang berkaitan dengan ideologi Ikhwan, kemudian memaparkan ideologi Ikhwanul Muslimin yang ada pada surat al-Kahfi. Berkenaan dengan tafsir Sa’id Hawwa yang diteliti ini, penulis menemukan bahwa ada dua poin penting dari ideologi Ikhwanul Muslimin yang terdapat dalam surat al-Kahfi. Pertama al-Fahm yang dijelaskan dalam penafsiran ayat 50-59. Yang ke-dua adalah al-Amal yang dijelaskan pada awal dan akhir surat al-Kahfi. Dengan demikian penelitian ini sekaligus membuktikan bahwa Sa’id Hawwa merupakan salah satu tokoh sentral yang melanjutkan pergerakan Ikhwanul Muslimin yang didirikan oleh Hasan al-Banna. Untuk itu tafsir Sa’id Hawwa dapat disejajarkan dengan kitab-kitab tafsir yang mufasir- nya memiliki keterkaitan dengan Ikhwanul Muslimin seperti Sayid Qutb. Kesimpulan besar dari penelitian skripsi ini menunjukan bahwa penafsiran yang dilakukan mufasir dalam menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan dengan ideologi Ikhwanul Muslimin sangatlah mendalam, sehingga hampir dalam setiap sub pembahasannya dia selalu mengulang lagi tentang penjelasan ayat-ayat tersebut. Kesimpulan besar ini mendukung tokoh ahli tafsir yang mengatakan bahwa latar belakang mufasir mengarang tafsir-nya dipengaruhi oleh keilmuan dan latar belakang sang mufasir tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ideologi; Ikhwanul; Muslimin; Said Hawwa; Tafsir Al-asas fiat At-tafsir; surat Al-Kahfi
Subjects: Islam > Interpretation and Criticism of Koran
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tafsir Hadits
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:38
Last Modified: 26 Sep 2018 08:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item View Item