Penggunaan Virtual Lab untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi

Setianingsih, Rizka (2018) Penggunaan Virtual Lab untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Hasil indentifikasi di MA PERSIS 31 Banjaran menemukan bahwa kurangnya kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik karena kurang terbiasa dalam memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Virtual lab merupakan salah satu media pembelajaran audio visual bergerak yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan virtual lab materi gelombang bunyi dengan yang tidak (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang menggunakan virtual lab materi gelombang bunyi dengan yang tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI A dan XI B MA PERSIS 31 Banjaran. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 60 orang. Keterlaksanaan pembelajaran melalui lembar observasi dan kemampuan pemecahan masalah diukur melalui tes uraian dan instrument pendukung berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran terkategori baik untuk kelas eksperimen dan cukup baik untuk kelas kontrol. Berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0.75 menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah terkategori tinggi pada kelas eksperimen dan 0.54 terkategori sedang pada kelas kontrol. Berdasarkan uji Mann Whitney U nilai sig (2 tailed) (0.00) < α (0.05) jadi artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Virtual lab dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: gelombang bunyi; kemampuan pemecahan masalah; virtual lab.
Subjects: Administration of The Physical Plant
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rizka Setianingsih
Date Deposited: 25 Sep 2018 01:53
Last Modified: 25 Sep 2018 01:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item