Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan sopan santun berkomunikasi dengan menggunakan media audiovisual: penelitian tindakan kelas di kelas IV MIN Cilengkrang Kabupaten Sumedang

Hadiansyah, Nurhalis (2016) Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan sopan santun berkomunikasi dengan menggunakan media audiovisual: penelitian tindakan kelas di kelas IV MIN Cilengkrang Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover skripsi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.Skripsi_ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2.Skripsi DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3.BAB I.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB III)
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text (BAB IV)
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7.DAFTAR FUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MIN Cilengkrang Sumedang, bahwa pembelajaran berlangsung cenderung berpusat pada guru, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, kemampuan berbicara tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, penggunaan media pembelajaran masih jarang diterapkan guru. Akibatnya kemampuan keterampilan berbicara siswa di bawah nilai KKM (70) dengan nilai rata-rata siswa 50,5. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: (1) keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan sopan santun berkomunikasi sebelum menggunakan media audiovisual; (2) gambaran proses pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan sopan santun berkomunikasi melalui penggunaan media audiovisual; (3) peningkatan keterampilan berbicara siswa di kelas IV MIN Cilengkrang Kabupaten Sumedang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan sopan santun berkomunikasi melalui penggunaan media audiovisual setiap siklus. Penggunaan media audiovisual merupakan kombinasi audio dan visual atau media pandang dengar. Dalam penggunaannya, media audiovisual dapat memudahkan siswa dalam memahami materi, serta mengembangkan keterampilan yang dimilikinya. Media audiovisual dipandang tepat untuk memberikan pemahaman yang bersifat konkret, sehingga mempermudah siswa menyerap materi yang disampaikan. Materi yang diserap selanjutnya disampaikan kembali oleh siswa melalui teknik berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta tes keterampilan berbicara. Siswa yang dijadikan objek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Cilengkrang yang berjumlah 28 siswa. Hasil Keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan media audiovisual diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,87 dengan kategori kurang. Adapun gambaran proses pembelajaran melalui media audiovisual dilihat dari aktivitas guru dan siswa, persentase aktivitas guru siklus I peretemuan pertama sebesar 65% (cukup), pertemuan kedua sebesar 80% (baik), dan siklus II 100% (sangat baik). Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 60% (cukup), pertemuan kedua sebasar 75% (baik) dan siklus II sebesar 97,5 (sangat baik). Sedangkan hasil keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan media audiovisual, diperoleh nilai rata-rata pada siklus I pertemuan pertama sebesar 69,4 (cukup), pertemuan kedua sebesar 79,4 (baik) dan siklus II sebesar 97,1 (sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas IV MIN Cilengkrang Kabupaten Sumedang pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan sopan santun berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; Sopan Santun; Audiovisual; MIN
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 25 Sep 2018 08:14
Last Modified: 25 Sep 2018 08:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14274

Actions (login required)

View Item View Item