Pendekatan brain based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik dan self efficacy siswa: penelitian quasi eksperimen pada pokok bahasan segitiga di SMP Negeri 1 Sukatani kelas VII semester genap

Rohani, Rohani (2014) Pendekatan brain based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik dan self efficacy siswa: penelitian quasi eksperimen pada pokok bahasan segitiga di SMP Negeri 1 Sukatani kelas VII semester genap. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover nong.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I nong ani.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II nong ani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III nong ani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV nong ani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematik siswa yang masih rendah, mengakibatkan masih banyaknya siswa yang pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pendekatan Brain Based Learning (BBL) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan quasi experimental design bentuk nonequivalen control group design terdapat 2 kelas yaitu, kelas eksperimen menggunakan Pendekatan BBL dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) aktivitas guru dan siswa dengan BBL; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap Self Efficacy Siswa terhadap pembelajaran BBL. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) rata-rata aktivitas guru pada ketiga pertemuan adalah 84,61% Sedangkan, rata-rata aktivitas siswa adalah 78,56%; (b) Hasil analisis gain ternomalisasi menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa antara yang menggunakan BBL dan pembelajaran konvensional secara keseluruhan dan terdapat faktor PAM siswa yang berpengaruh kepada peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa; (c) Sikap siswa terhadap pendekatan BBL sebagian besar siswa memberikan respon positif, karena sikap siswa lebih tinggi dari pada sikap netral siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning; Pemahaman; Self Efficacy
Subjects: Analysis, Theory of Functions > Special Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:58
Last Modified: 25 Sep 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14299

Actions (login required)

View Item View Item