Efektivitas Manajemen Organisasi Irma di Masjid Anwarul Huda dalam Meningkatkan Akhlak Remaja Muslim. (Studi Deskriptif pada Masjid Anwarul Huda, Jl. Cipanas Baru, Kp. Dukuh, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut).

Sapty Prasetiawaty R, Sapty (2013) Efektivitas Manajemen Organisasi Irma di Masjid Anwarul Huda dalam Meningkatkan Akhlak Remaja Muslim. (Studi Deskriptif pada Masjid Anwarul Huda, Jl. Cipanas Baru, Kp. Dukuh, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Remaja masjid adalah perkumpulan remaja/ pemuda pemudi sekitar yang melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan masjid. Karena dikatakan bahwa masjid itu tidak hanya sebagai sarana tempat ibadah saja, tetapi remaja masjid disini dapat menggunakan masjid sebagai konsep Islam dengan menerapkan musyawarah, mufakat dan amal jama’i (gotong royong) dalam segenap aktivitasnya. Keberadaan masjid pada umumnya merupakan salah satu perwujudan aspirasi umat Islam sebagai tempat Ibadah yang menduduki fungsi sentral. Mengingat fungsinya yang sangat strategis, maka perlu dibina sebaik-baiknya, baik segi fisik bangunan maupun segi kegiatan pemakmurannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas manajemen pengorganisasian yang dilakukan Irma Anwarulhuda; untuk mengetahui kualitas kinerja Irma Anwarulhuda dalam meningkatkan akhlak remaja muslim di lingkungan sekitar; untuk mengetahui seperti apa hubungan antara efektivitas dan kualitas kinerja organisasi Irma Anwarulhuda dengan peningkatan akhlak remaja muslim. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang efektivitas manajemen organisasi Irma di Masjid Anwarul Huda dalam meningkatkan akhlak remaja muslim. Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah: menentukan lokasi, menentukan metode, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpul data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Kesimpulan dari penelitian ini, dapat diperoleh hasil penilaian yang dilakukan dengan perhitungan rata-rata sebagai berikut : Pertama, Efektivitas manajemen pengorganisasian Irma Anwarul Huda dilihat dalam struktur organisasi yang dibentuk hasilnya baik sekitar 40%. Kegiatan yang dilakukan Irma Anwarul Huda itu berjalan efektif dan baik sekitar 50%. Kemudian ketuanya juga bertugas dengan baik sekitar 30% dan kreatif sekitar 40% dalam menjalankan tugasnya sebagai ketua Irma. Kedua, Kualitas kinerja Irma Anwarul Huda dalam meningkatkan kualitas akhlak remaja muslim sekitar masjid berjalan baik, dilihat dari kedisiplinan yang berjalan baik sekitar 35%, kebersihan berjalan baik pula yaitu dengan hasil sekitar 40%, dan tanggungjawab kinerja Irma Anwarul Huda yang dilakukan juga baik yaitu dengan hasil penilaian sekitar 45%. Ketiga, Hubungan antara efektivitas dan kualitas kinerja Irma Anwarul Huda dengan peningkatan akhlak remaja muslim, dilihat dari prilaku sopan santun Irma yang baik sekitar 40%. Kemudian hubungan sosial Irma Anwarul Huda terhadap remaja muslim sekitar berjalan baik juga sekitar 30% dan nilai kejujurannya terhadap pendekatan kepada remaja muslim sekitar sangat baik sekitar 50%, dan terakhir untuk pelaksanaan Ibadah Ritual berjalan baik sekitar 40%. Maka dengan demikian, akan lebih mudah untuk mengajak remaja muslim sekitar untuk ke arah yang lebih baik pula dan dari semua yang telah di analisis hasilnya bahwa kini organisasi Irma Anwarul Huda berjalan baik/ Efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Organisasi, Akhlak, Remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 02 Feb 2016 01:18
Last Modified: 24 Feb 2016 11:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item